Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kuala

Muhammad Isa Ansari Nasution, 160205009 (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kuala. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kuala]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Kuala)
Muhammad Isa Ansari Nasution, 160205009, FTK, PMA, 081263385199.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek utama dalam pembelajaran matematika yang diperlukan oleh peserta didik, namun kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah yang dibuktikan oleh hasil tes Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kuala dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kuala, yang dipilih dua peserta didik dengan gaya kognitif field independent dan dua peserta didik dengan gaya kognitif field dependent. Penentuan subjek penelitian ini didasarkan pada hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT) yang dikembangkan oleh Witkin pada tahun 1973. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data kualitatif dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan gaya kognitif field dependent berkategori baik pada tahap memahami masalah dan memenuhi predikat kurang pada kemampuan merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali proses dan hasil, hal ini terlihat bahwa subjek dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanya serta dapat menjelaskan masalah dengan bahasa dan kalimat sendiri tetapi tidak dapat menentukan rumus dan menentukan kesimpulan dari masalah yang diberikan (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan gaya kognitif field independent memenuhi predikat baik pada kemampuan memahami masalah dan merencanakan penyelesaian, serta memenuhi predikat cukup pada kemampuan melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil dan proses, hal ini terlihat bawah subjek dapat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanya serta menjelaskan masalah dengan bahasa dan kalimat sendiri. Subjek dengan gaya kognitif FI juga dapat menentukan rumus dan menerapkan setiap rumus yang telah ditentukan serta dapat menentukan kesimpulan dari masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing II : Zikra Hayati, S.Pd.I.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Isa Ansari Nasution
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:36
Last Modified: 23 Dec 2020 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item
View Item