Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa Yang Mengikuti OSIS Dan Tidak Mengikuti OSIS Serta Implikasi Terhadap BK Di SMP Negeri 13 Banda Aceh

Aulia Satria, 150213093 (2020) Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa Yang Mengikuti OSIS Dan Tidak Mengikuti OSIS Serta Implikasi Terhadap BK Di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Perbedaan Kepercayaan Diri Siswa Yang Mengikuti OSIS Dan Tidak Mengikuti OSIS Serta Implikasi Terhadap BK Di SMP Negeri 13 Banda Aceh)
Aulia Satria, 150213093, FTK, PBK, 082272500573.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Percaya diri suatu sikap atau perasaan yakin atas kemampuan yang dimiliki sehingga tidak merasa cemas dan gugup dalam bertindak. Permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 13 Banda Aceh dimana terdapat sebagian siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah baik siswa yang mengikuti kegiatan osis maupun yang tidak mengikuti kegiatan OSIS. Hal ini dilihat pada saat proses pembelajaran langsung di kelas maupun di luar kelas seperti tidak berani menyatakan pendapat, tidak berani berinteraksi dengan orang lain atau baru dan takut menjadi bahan tertawaan teman-teman karena kurang mampu dalam menggunakan bahasa yang benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara kepercayaan diri siswa yang mengikuti OSIS dengan tidak mengikuti OSIS di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh yang berjumlah 441 siswa. Sampel berjumlah 50 orang siswa yang terdiri dari 25 siswa mengikuti dan 25 siswa yang tidak mengikuti OSIS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini adalah skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara siswa SMP yang mengikuti OSIS dengan tidak mengikuti OSIS di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Siswa yang mengikuti OSIS memiliki tingkat percaya diri lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak aktif dalam OSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Saifullah, M.Ag Pembimbing II : Qurrata A’yuna M.Pd.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Aulia Satria
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:27
Last Modified: 08 Dec 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item
TOP