Tinjauan Siyasah Syar’iyyah Terhadap Peran DP3AP2KB Kota Banda Aceh Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk (Studi Kebijakan Program Keluarga Berencana)

Raudatul Makfirah, 160105010 (2020) Tinjauan Siyasah Syar’iyyah Terhadap Peran DP3AP2KB Kota Banda Aceh Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk (Studi Kebijakan Program Keluarga Berencana). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tinjauan Siyasah Syar’iyyah Terhadap Peran DP3AP2KB Kota Banda Aceh Dalam Pengendalian Pertumbuhan Penduduk (Studi Kebijakan Program Keluarga Berencana))
Raudatul Makfirah, 160105010, FSH, HTN, 085296769868.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pemerintah pusat menciptakan suatu kebijakan yang mana kebijakan tersebut terdapat pada UU No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, terdapat pada pasal 20 yang menyatakan bahwa untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, pemerintah menetapkan kebijakan keluarga berencana melalui penyelenggaraan program keluarga berencan. Adapun masalah dalam penelitian skripsi ini adalah seharusnya Dinas P3AP2KB kota Banda Aceh dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dalam pengendalian pertumbuhan penduduk di kota Banda Aceh, namun, kenyataannya pertumbuhan penduduk di kota Banda Aceh semakin tidak dapat dikendalikan dan hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penduduk yang semakin tahun semakin meningkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa bentuk pengendalian pertumbuhan penduduk melalui kebijakan program keluarga berencana dengan adanya sosialisasi, penyuluhan keluarga berencana dan pemasangan alat kontrasepsi. Faktor penghambatnya adalah faktor internal yaitu adanya sumber daya manusia yang tidak mencukupi dan infrastruktur yang belum memadai, dan faktor eksternal yaitu adanya pernikahan dini, minimnya pengetahuan masyarakat dan banyaknya pendatang. Adapun tinjauan Siyasah Syari’yyah yang bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran anak dengan landasan memelihara keturunan dan memelihara jiwa demi menciptakan kemaslahatan. Dari paparan diatas dapat penulis simpulkan bahwa peran DP3AP2KB kota Banda Aceh dalam pengendalian pertumbuhan penduduk melalui kebijakan program keluarga berencana tidak berjalan secara efektif dikarenakan masih adanya hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan pengendalian pertumbuhan penduduk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mursyid Djawas, S.Ag, MHi Pembimbing II : Gamal Achyar, Lc, M. Sh
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Penduduk, Keluarga Berencana, Siyasah Syar’iyyah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik > 2X6.22 Sistem Pemerintahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Raudatul Makfirah
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:12
Last Modified: 08 Dec 2020 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item
TOP