Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar

Youan Ekaputri Syandra, 150213057 (2020) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar)
Youan Ekaputri Syandra, 150213057, FTK, PBK, 082353031816.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang berupaya membantu sekelompok individu untuk mendapatkan informasi-informasi agar individu dapat mengembangkan dirinya sehingga percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Kurangnya kepercayaan diri membuat individu terhambat dalam mengembangkan kemampuan yang ada didalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok disekolah, tingkat kepercayaan diri siswa kelas X, dan implementasi layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini menggunkan metode Mix Methods yaitu penelitian yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuisioner dan di analisis dengan uji T sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan di analisis dengan menggunakan reduksi data. Hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan kelompok di SMA Negeri 1 Baitussalam belum berjalan baik karena siswa masih belum berani mengeluarkan argument didalam sebuah kelompok dan tidak serius mengikuti bimbingan kelompok. Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok relative renda ditandai dengan siswa belum dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Setelah implementasi layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa meningkat, dapat dilihat dari sikap siswa di dalam kelas sudah mampu menjawab pertanyaan tanpa ragu dan tidak merasa malu dengan teman sekelasnya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa implementasi layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Baitussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Masbur, S.Ag., M. Ag Pembimbing II : Qurrata A’yuna, M.Pd., Kons.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Youan Ekaputri Syandra
Date Deposited: 08 Dec 2020 04:16
Last Modified: 08 Dec 2020 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15038

Actions (login required)

View Item View Item
TOP