Ithqun, 140503049 (2020) Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Pelayanan Perpustakaan Di Tengah Perubahan Globalisasi Informasi: Studi Kasus Pada Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Ithqun, 140503049, FAH, IP, 082277619142.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Pelayanan di Tengah Perubahan Globalisasi Informasi: Studi Kasus pada Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini mengkaji tingkat kepuasan pengguna terhadap pelayanan perpustakaan UIN Ar-raniry di Tengah Perubahan Globalisasi Informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dianalisis dengan regresi linear sederhana. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6.168 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling yaitu sebanyak 98 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket. Berdasarkan hasil hitungan regresi linear sederhana di peroleh Y = 13,609 + 0,29X. Artinya jika kepuasan pengguna diukur dengan instrumen yang dikembangkan pada penelitian ini, yaitu pelayanan perpustakaan UIN Ar-Raniry, maka setiap skor kepuasan pengguna akan berubah 0,29 satuan pada arah yang sama. Berdasarkan nilai signifikansi, diperoleh nilai signifikan sebesar 0,461 > 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasaan pengguna (X) tidak berpengaruh terhadap variabel pelayanan yang tersedia di Perpustakaan UIN Ar-Raniry (Y). Berdasarkan nilai t diketahui nilai thitung sebesar 0,740 < ttabel 1,664. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasaan pengguna (X) tidak berpengaruh terhadap variabel pelayanan yang tersedia di Perpustakaan UIN Ar-Raniry (Y). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa pengguna belum puas dengan pelayanan yang tersedia di perpustakaan UIN Ar-Raniry. Pengujian regresi menunjukkan bahwa sebesar 2,872 dan memiliki nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,006. Hasil ini menunjukkan bahwa hanya 0,006% tingkat kepuasaan pengguna terhadap pelayanan yang tersedia di Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Dari hasil pengolahan data diketahui Fhitung sebesar 0,548. Ini artinya Fhitung (0,548) < Ftabel (4,83). Jadi, H0 diterima dan Ha ditolak. Ini artinya pengguna belum puas dengan pelayanan yang tersedia di Perpustakaan UIN Ar-Raniry
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, kepuasaan pengguna, layanan perpustakaan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Ithqun Ithqun |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 04:34 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 04:34 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15041 |