Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi IPS Melalui Metode Index Card Match (ICM) Kelas IV MIN 10 Aceh Besar

Uswatul Hasanah, 150209059 (2020) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi IPS Melalui Metode Index Card Match (ICM) Kelas IV MIN 10 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi    IPS Melalui Metode Index Card Match (ICM) Kelas IV MIN 10 Aceh Besar]
Preview
Text (Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi IPS Melalui Metode Index Card Match (ICM) Kelas IV MIN 10 Aceh Besar)
Uswatul Hasanah, 150209059, FTK, PGMI, 085270827404.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi peneliti menemukan proses pembelajaran belum terlaksana optimal yang berdampak pada hasil belajar. Penulis melakukan upaya dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan pembelajaran yang digunakan berupa Metode Index Card Match. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran muatan IPS kelas IV-A MIN 10 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui pemahaman siswa dalam materi IPS dengan menggunakan metode Index Card Match di kelas IV-A MIN 10 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 89% dan pada siklus II 96%. Aktivitas siswa pada siklus I 81% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 94%. (2) pemahaman siswa dalam materi IPS dengan menggunakan metode Index Card Match di kelas IV-A min 10 Aceh Besar juga mengalami peningkatan terlihat dari hasil tes pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 62% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88% dengan jumlah 23 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran muatan IPS kelas IV-A MIN 10 Aceh Besar dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag., M.Pd Pembimbing II : Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Index Card Match (ICM) , Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uswatul Hasanah
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:24
Last Modified: 16 Dec 2020 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item
View Item