Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN Sabang

Reka Dewi Saputri, 150209064 (2019) Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN Sabang. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN Sabang]
Preview
Text (Penerapan Model Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV MIN Sabang)
Reka Dewi Saputri, 150209064, FTK, PGMI, 082361501821.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Adapun yang melatar belakangi munculnya judul skripsi ini disebebkan karena proses pembelajaran yang dilakukan tidak berpusat kepada siswa, tetapi lebih berpusat kepada guru dan dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan model pembelajaran sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa teradap pembelajaran tematik dan rendanya hasil belajar yang diperoleh siswa. Jika pemilihan model tetap digunakan dalam proses pembelajaran maka hasil belajar semakin baik. Salah satu altenatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model Two Stay Two Stray (TSTS. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian yaitu: bagaimana aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV-B yang berjumlah 27 orang, dengan KKM individual 70 dan klasikal 80. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes kemudian dianalisis dengan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I dalam kategori baik yaitu 68.51. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86.60 dengan kategori baik sekali dan siklus III dengan perolehan nilai 88 dengan kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I dalam ketegori cukup yaitu 62.03. pada siklus II yaitu 78.57 dengan kategori baik, pada siklus III yaitu 82 dengan kategori baik sekali. (3) hasil tes pada siklus I diperoleh sebanyak 62.96 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81.48 dengan jumlah siswa yang tuntas 22 orang siswa. Pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 88.88, dengan siswa yang tuntas 24 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan nilai 80. Hasil penelitian dengan penerapan model Two Stay Two Stray pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN Sabang.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Azhar, M.Pd Pembimbing II : Sri Mutia, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Reka Dewi Saputri
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:06
Last Modified: 10 Dec 2020 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item
View Item