LafaẒ Huda Dalam Al-Qur’an

Azzahrawani, 160303092 (2020) LafaẒ Huda Dalam Al-Qur’an. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (LafaẒ Huda Dalam Al-Qur’an)
Azzahrawani, 160303092, FUF, IAF, 085332576482.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Huda dalam al-Qur’an disebutkan dengan beraneka ragam bentuk sesuai dengan peranan yang diharapkan makhluk-Nya. Huda juga memiliki ragam makna misalnya taubat, tauhid, taurat dan lainnya, bukan hanya bermakna petunjuk sebagaimana yang diketahui pada umumnya. Sehingga huda terlihat tidak konsisten dalam pemaknaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ungkapan lafaz huda di dalam al-Qur’an serta bagaimana penafsiran lafaz huda menurut para mufasir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan metode maudhū’ī. Jenis penelitian penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research) yaitu dengan mengumpulkan data-data dan mengkaji bahan-bahan kepustakaan. Sumber data primer yang digunakan adalah al-Qur’an, tafsir al-Munir, al-Maraghi dan tafsir Jalalain. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan huda.
Adapun hasil dari penelitian ini, lafaz huda dalam al-Qur’an disebutkan dalam enam macam bentuk, yaitu dalam bentuk fi’lu al-māḍi, fi’lu al-muḍāri’, fi’lu al-amr, maṣdar, ism fā’il dan ism tafḍil. Huda menurut para mufasir memiliki 18 makna yaitu: tsabat (teguh), al-bayan (penerangan), agama, iman, pengetahuan, nabi Muhammad Saw, Rasul, ilham, istirja’, sunnah, al-Irsyad, taubat, iṣlah, hujjah, al-Du’a, al-Qur’an dan Taurat. Namun makna-makna tersebut masih berhubungan, karena makna disesuaikan dengan konteks ayat. Huda makna dasarnya adalah petunjuk, namun, ia masih bersifat umum. Ketika masuk ke dalam sebuah ayat maka huda yang maknanya petunjuk, bisa berubah maknanya menjadi tauhid maksudnya petunjuk berupa tauhid, agama Islam, iman dan lain-lain karena makna disesuaikan dengan konteks ayat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Muslim Djuned, M.Ag. Pembimbing 2 : Zulihafnani, S.T.H., M.A.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Azzahrawani Azzahrawani
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:41
Last Modified: 10 Dec 2020 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item
TOP