Implementasi Metode Pembelajaran Qira’ah Sab’ah Di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh

Rola Nurzahrita, 211323720 (2019) Implementasi Metode Pembelajaran Qira’ah Sab’ah Di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Metode Pembelajaran Qira’ah Sab’ah Di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Implementasi Metode Pembelajaran Qira’ah Sab’ah Di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh)
Rola Nurzahrita, 211323720, FTK, PAI, 085355841957.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Qira’at merupakan ilmu yang mempelajari cara membaca kalimat-kalimat Al-Quran yang berdasarkan pada cara para imam-imam qira’at yang masyhur. Dari sekian banyak bacaan yang ada para ulama telah menyepakati bahwa ada tujuh qira’ah yang merupakan qira’at yang mutawatir. SPPQ Kota Banda Aceh merupakan lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran qira’ah sab’ah di Kota Banda Aceh di tengah langkanya lembaga yang menyelenggarakan program qira’ah sab’ah, untuk itu penulis melakukan penelitian yang berjudul Implementasi Metode Pembelajaran Qira’ah Sab’ah Di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode pembelajaran qira’ah sab’ah di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh? (2) Faktor apa yang mendukung pembelajaran qira’ah sab’ah di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh? (3) Faktor apa yang menghambat pembelajaran qira’ah sab’ah di Sekolah Pendidikan Pembelajaran Al-Quran Lueng Bata Kota Banda Aceh?. Untuk memperoleh data kongkrit guna menjawab rumusan masalah di atas, penulis menggunakan teknik penelitian Library dan Field Research, sedangkan teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan angket. Setelah mengumpulkan data penulis menganalisisnya dengan menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran qira’ah sab’ah yang di Implementasi SPPQ Kota Banda adalah metode talaqqi (sorogan) dan metode jibril. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran qira’ah sab’ah di SPPQ Kota Banda Aceh adalah motivasi tinggi dari para peserta didik yang belajar qira’ah sab’ah dan juga penggunaan metode sorogan yang dalam proses implementasinya bersifat student sentris atau berpusat pada peserta didik (3) Faktor penghambat proses pembelajaran qira’ah sab’ah di SPPQ Kota Banda Aceh yaitu kurangnya pemahaman dan pengetahuan dasar dari peserta didik tentang qira’ah sab’ah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Implementasi, Metode Pembelajaran, Qira’at Sab’ah
Uncontrolled Keywords: Pembimbing I : Dra. Hamdiah, MA Pembimbing II : Isna Wardatul Bararah, S.Ag, M.Pd
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rola Nurzahrita
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:42
Last Modified: 10 Dec 2020 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15053

Actions (login required)

View Item
View Item