Peran BBPOM Terhadap Pengawasan Peredaran Kosmetik Illegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh

Cut Desi Wanda Sari, 150106023 (2020) Peran BBPOM Terhadap Pengawasan Peredaran Kosmetik Illegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran BBPOM Terhadap Pengawasan Peredaran Kosmetik Illegal Dalam Perlindungan Hukum Di Kota Banda Aceh)
Cut Desi Wanda Sari, 150106023, FSH, IH, 085231720156.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dalam peningkatan kesehatan masyarakat dan melakukan pengawasan dengan membentuk BPOM. Dibentuknya BPOM untuk mendeteksi, mencegah dan mengawasi produk-produk termasuk untuk melindungi keamanan dan keselamatan serta kesehatan masyarakat seperti yang terdapat pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017. Namun, produk illegal masih saja sering ditemukan di tengah masyarakat. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah apa faktor dari peredaran kosmetik illegal dan bagaimana bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh BBPOM Aceh. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Dari penelitian di kantor BBPOM, penulis mendapatkan masih banyak produk kosmetik illegal yang diperjual belikan di Kota Banda Aceh, yang menyebabkan munculnya produk kosmetik illegal karena akibat dari kurangnya kesadaran hukum baik dari pihak pelaku usaha maupun masyarakat. Dalam melakukan pengawasan, jumlah petugas pengawas juga masih sangat kurang yang mana hanya berjumlah belasan, yang menyebabkan pihak pengawas lapangan tidak mampu menjangkau sampai ke pedalaman dalam melakukan pengawasan. Upaya dalam mengatasi peredaran produk kosmetik illegal dengan memberikan pembinaan, sosialisasi dan pemeriksaan rutin terhadap pelaku usaha kosmetik yang terdapat di Kota Banda Aceh. Disarankan kepada BBPOM untuk dapat meningkatkan jumlah tenaga pengawas lapangan agar pengawasan yang dilakukan dapat berjalan dengan maksimal. Pihak BBPOM diharapkan juga untuk dapat menerapkan sanksi yang tegas kepada pelaku usaha, hal ini agar dapat memberikan efek jera kepada pelaku usaha yang telah melanggar peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. HJ. Soraya Devy, M.Ag Pembimbing II : Muhammad Iqbal, MM
Uncontrolled Keywords: Peran Pengawasan BBPOM, Kosmetik Illegal
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Cut Desi Wanda Sari
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:50
Last Modified: 14 Dec 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15071

Actions (login required)

View Item View Item
TOP