Pengawasan Kepala Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip di SMA Negeri 1 Tapaktuan

Andre Pratama, 160206090 (2020) Pengawasan Kepala Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip di SMA Negeri 1 Tapaktuan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengawasan Kepala Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip di SMA Negeri 1 Tapaktuan]
Preview
Text (Pengawasan Kepala Tata Usaha dalam Pengelolaan Arsip di SMA Negeri 1 Tapaktuan)
Andre Pratama, 160206090, FTK, MPI, 082362011736.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengawasan kepala tata usaha merupakan kemampuan mengawasi, membimbing, mengarahkan para staf tata usaha agar dapat bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Peran kepala tata usaha SMAN 1 Tapaktuan dalam pengawasan pengelolaan arsip sangatlah penting, selain mengawasi namun menjaga keutuhan arsip tersebut agar bisa digunakan didalam jangka waktu yang panjang. Selain itu juga peran kepala tata usaha juga harus dapat mengkoordinir staff tata usaha agar melaksanakan tahapan pengelolaan arsip sesuai dengan tahapan yang telah ada. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui tahapan pengelolaan arsip di SMAN 1 Tapaktuan, untuk mengetahui proses pengawasan kepala tata usaha dalam pengelolaan arsip di SMAN 1 Tapaktuan, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi tata usaha didalam pengawasan pengelolaan arsip di SMAN 1 Tapaktuan. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala tata usaha dan staff tata usaha. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Tahapan pengelolan arsip di SMAN 1 Tapaktuan mempunyai lima tahapan dalam pengelolaan arsip. Tahapannya yaitu: a) Tahapan Penciptaan dan Penerimaan,b) Tahapan Distribusi,c) Tahapan Pengguna,d)Tahapan Pemeliharaan, e) Tahapan Pemusnahan. Kemudian Proses pengawasan kepala tata usaha dalam pengelolaan arsip mempunyai pengawasan seperti: a)Tahap Penetapan Standar, b) Tahap Penentuan Pengukuran Pelaksanaan Kegiatan/Pengukuran Pelaksanaan, c) Tahap Pengambilan Tindakan. Kendala dihadapi kepala tata usaha dalam pengawasan pengelolaan arsip di SMA Negeri 1 Tapaktuan, pertama, adanya staff tata usaha yang tidak selesai mengelola sebuah arsip. kedua, masih adanya staff tata usaha kurang memahami bagaimana pengelolaan arsip yang benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Faisal, S.Ag., M.Ag. Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Kepala Tata Usaha, Pengelolaan Arsip.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andre Pratama
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:18
Last Modified: 14 Dec 2020 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15097

Actions (login required)

View Item
View Item