Metode Dakwah terhadap Narapidana Cabang Rumah Tahanan Negara Jantho di Lhoknga

Yusnidar, 431206894 (2016) Metode Dakwah terhadap Narapidana Cabang Rumah Tahanan Negara Jantho di Lhoknga. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang strategi yang dilakukan Da’i dan Rumah Tahanan dalam membina Narapidana)
Yusnidar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (583kB) | Preview

Abstract

Metode dakwah yang dilakukan di Rumah Tahanan terhadap narapidana merupakan hal yang penting dalam meningkatkan nilai-nilai Islam, agar para narapidana sadar atas tindak kriminalnya, dan tidak akan mengulangi kejahatannya. Selain itu, untuk mengembalikan warga binaan pemasyarakatan menjadi warga yang baik, dan bisa diterima oleh masyarakat. Untuk melaksanakan sistem pemasyarakatan tersebut, diperlukan juga partisipasi atau keikutsertaan masyarakat, baik dengan mengadakan kerjasama dalam pembinaan maupun dengan sikap bersedia menerima kembali Warga binaan memasyarakatan yang telah selesai menjalani pidananya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui tugas dan tanggung jawab da’i dan Rumah Tahanan, strategi yang dilakukan da’i dan Rumah Tahanan dalam membina narapidana serta ingin mengetahui kendala yang dihadapi da’i dalam membina Narapidana Cabang Rumah Tahanan Negara Jantho di Lhoknga. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas dan tanggung jawab Da’i dan Rumah Tahanan yaitu meningkatkan kesadaran para pidana. Adapun strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan dakwah. Keberhasilan Da’i dan Rumah Tahanan dalam membina narapidana adalah mereka sadar dan insaf atas tindak kejahatan yang dilakukan, dan mereka tidak akan mengulangi tindak kriminalnya lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Juhari. M.Si; NIP.196612311994021006. 2. Sakdiah, S.Ag.M.Ag; NIP.197307132008012007.
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah, Da'i, Rumah Tahanan, Narapidana, Insaf, Sadar.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 25 Jul 2017 09:43
Last Modified: 25 Jul 2017 10:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item
TOP