Paradigma Humanisme Theosentris Dalam Pendidikan Islam Dimensi Metodologis Pembelajaran

M. Nasir Budiman, 2002015703 (2012) Paradigma Humanisme Theosentris Dalam Pendidikan Islam Dimensi Metodologis Pembelajaran. Ar-Raniry Press, Jl. Lingkar Kampus Darussalam Banda Aceh 2311. ISBN 9786029583847

[thumbnail of PARADIGMA GAB.pdf]
Preview
Text
PARADIGMA GAB.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
Syukur Alhamdulillah puji dan puja bagi Allah swt atas limpahan rahmat dan kurnia-Nya kepada para pecinta ilmu pengetahuan. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw para sahabatnya dan keluarganya sekalian.
Buku yang diberi judul: Paradigma Humanisme Theosentris dalam Pendidikan Islam: Dimensi Metodologi Pembelajaran telah dapat dirampungkan atas petunjuk dan hidayah Allah swt. Banyak pihak yang turut menyumbang atas selesainya buku ini, terutama sumbangan moril, dan semangat dari putra putri penulis serta istri yang tercinta. Sumbangan materil berupa biaya penerbitan sepenuhnya disumbangkan oleh IAIN Ar-Raniry melalui Pembantu Rektor IV, untuk itu penulis mengucapkan terimakasih.
Buku ini merupakan sebuah sumbangan fikiran untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan, yang menekankan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dijiwai oleh semangat kemanusiaan dan dilandasi keteguhan iman dan taqwa (IMTAQ).
Secara teoretik dan emperik, pendidikan merupakan media yang amat fungsional dalam upaya pembentukan manusia yang berkualitas, yang pada gilirannya berpengaruh dalam peningkatan mutu kehidupan, dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat secara merata, harmoni dan kontinu.
Berangkat dari wawasan bahwa manusia memiliki potensi dan sumberdaya manusia untuk memudahkan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, seperti ‘aql (berpotensi untuk berfikir), lubb, fu’ad dan juga sering disebut qalb (berpotensi untuk berzikir), serta indra (panca indra) yang bersifat fisik (berpotensi untuk bekerja keras).
Pendidikan yang dikembangkan berdasarkan paradigma humanisme theosentris selalu mempertimbangkan pada potensi dan sumberdaya manusia, baik dalam proses maupun produk pendidikan, sehingga antara proses dan produk pendidikan menjadi harmonis. Demikian juga pendidikan memiliki kesesuaian antara harapan dan cita-cita manusia dalam hidup dan kehidupan berbangsa, bernegara, beriman dan bertaqwa kepada Allah swt.
Tujuan dari buku ini ialah mengontekstualisasikan masalah metodologi pendidikan Islam. Kami yakin banyak tulisan yang senada bahkan lebih menyorot masalah pendidikan humanis dan teologis, baik dengan nama dan istilah yang digunakan sama ataupun berbeda. Setidak-tidaknya tulisan ini turut urun rembuk dalam berbagai kepentingingan, khususnya dalam kepentingan memperkaya khazanah pemikiran pendidikan Islam.
Akhirnya, hanya kepada Allah kita berserah diri, kelebihan dan kekurangan di sana sini terpulang pada perspektif dan metodologi berfikir masing-masing pembaca. Kritikan yang bersifat membangun sangat kami harapkan untuk perbaikan ke depan.

Salam hormat
Penulis.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Humanisme, Theosentris,Pendidikan Islam
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Prof. Dr. M. Nasir Budiman
Date Deposited: 13 Nov 2017 09:39
Last Modified: 13 Nov 2017 09:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item
View Item