Perjanjian Order dan Perhitungan Cost Paket Walimah Pada Wedding Organizer di Kota Banda Aceh dalam Perspektif ’Aqd Bai’ Al-Musawwamah

Uswatun Hasanah, 150102149 (2020) Perjanjian Order dan Perhitungan Cost Paket Walimah Pada Wedding Organizer di Kota Banda Aceh dalam Perspektif ’Aqd Bai’ Al-Musawwamah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Tentang Perjanjian Order dan Perhitungan Cost Paket Walimah  Pada Wedding Organizer]
Preview
Text (Tentang Perjanjian Order dan Perhitungan Cost Paket Walimah Pada Wedding Organizer)
Uswatun Hasanah, 150102149, FSH,HES, 081212184196.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Sistem order paket walimah pada WO di Banda Aceh memiliki perbedaan, yang mana pihak konsumen diberikan kuitansi sebagai bukti pembayaran order paket dengan sistem pelunasan yang ditetapkan oleh pihak WO. Transaksi order tersebut dianalisis menggunakan konsep ‘aqd bai’ al-musawwamah karena transaksi dilakukan menggunakan konsep jual beli dalam fiqh muamalah, dengan permasalahan yaitu bagaimana diktum perjanjian order yang disepakati dengan konsumen, bagaimana penetapan harga dan realisasi paket pernikahan yang dibayar oleh klien WO dan perspektif ‘aqd bai’ al-musawwamah terhadap perjanjian order dan perhitungan cost paket walimah. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa diktum perjanjian order yang disepakati antara WO dengan pihak konsumen di Banda Aceh secara umum sudah sesuai dengan pelaksanaannya, yaitu dalam bentuk lisan dan tertulis berupa surat perjanjian. Pelaksanaan perjanjian ini juga masih terdapat beberapa kekurangan seperti keterlambatan pembayaran oleh konsumen. Realisasi harga dilakukan dengan pembayaran secara bertahap. Perspektif ‘aqd bai’al-musawwamah terhadap perjanjian order dan perhitungan cost paket walimah pada WO di Banda Aceh sesuai ketentuan ‘aqd bai’ al-Musawwamah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Maulana, S.Ag., M.Ag 2. Ida Friatna, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Order, Perhitungan Cost, Paket Walimah, ’Aqd Bai’ Al-Musawwamah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Uswatun Hasanah Uswatun
Date Deposited: 15 Dec 2020 02:54
Last Modified: 15 Dec 2020 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item
View Item