Filosofi Poligami dalam Pandangan Teungku Inong Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar

Kuratul Aini, 160301002 (2020) Filosofi Poligami dalam Pandangan Teungku Inong Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Filosofi Poligami dalam Pandangan Teungku Inong Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten  Aceh Besar]
Preview
Text (Filosofi Poligami dalam Pandangan Teungku Inong Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar)
Kuratul Aini, 160301002, FUF, AFI, 081338886213.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Poligami merupakan suatu perkawinan yang dilakukan seorang laki-laki (suami) yang mempunyai lebih dari seorang istri atau banyak istri dalam satu waktu yang bersamaan. Teungku Inong merupakan sosok figur yang merupakan guru dan intelektual yang sangat berpengaruh dalam masyarakat Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar dalam kegiatan keagamaan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan filosofi poligami menurut Teungku Inong, peran Teungku Inong dalam kasus-kasus praktik poligami di Kecamatan Kuta Cot Glie, serta dampak poligami dalam pandangan Teungku Inong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung Teungku Inong di Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Selain itu juga, teknik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa filosofi poligami dapat dilihat dari pemahaman Teungku Inong secara normatif dan praktis. Peran Teungku Inong dalam masyarakat Kuta Cot Glie sebagai sarana konsultasi dan Penasihat. Teungku Inong selalu menerima konsultasi masyarakat dan memberikan nasihat kepada orang yang dipoligami dan yang melakukan praktik poligami. Teungku Inong juga memperhatikan dampak yang di timbulkan akibat poligami tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husna Amin, M.Hum Pembimbing II : Zuherni AB, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.301 Filosofi Perkawinan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Kuratul Aini Aini
Date Deposited: 21 Dec 2020 03:57
Last Modified: 21 Dec 2020 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15107

Actions (login required)

View Item
View Item