Kaderisasi Dan Keterpilihan Caleg DPRK Partai Gerindra Pada Pemilihan Legislatif 2019 Di Kota Banda Aceh

Siti Ana, 160801082 (2020) Kaderisasi Dan Keterpilihan Caleg DPRK Partai Gerindra Pada Pemilihan Legislatif 2019 Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kaderisasi Dan Keterpilihan Caleg DPRK Partai Gerindra Pada Pemilihan Legislatif 2019 Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Kaderisasi Dan Keterpilihan Caleg DPRK Partai Gerindra Pada Pemilihan Legislatif 2019 Di Kota Banda Aceh)
Siti Ana, 160801082, FISIP, IP, 085837606233.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adapun penelitian ini dilator belakangi oleh meningkatnya suara partai Gerindra mulai dari pemilu 2014 sampai 2019. Pada tahun 2014 partai Gerindra mendapatkan 2 kursi DPRK dengan jumlah suara 6,67%. Sedangkan 2019 partai Gerindra semakin meningkat mendapatkan 4 kursi DPRK dengan jumlah suara 13,67%. Meningkatnya jumlah kursi partai gerindra disebabkan karena caleg dari partai itu memiliki kemampuan yang bisa menarik simpati masyarakat. SementaraTujuan penelitian yang digunakanadalahuntuk mengetahui proses kaderisasi partai Gerindra, pengaruh proses kaderisasi terhadap peluang keterpilihan caleg DPRK partai Gerindra serta tantangan keterpilihan caleg DPRK partai Gerindra pada pemilihan legislatif 2019 di kota Banda Aceh. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian dengan lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, selain itu peneliti juga melakukan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kaderisasi yang dilakukan partai Gerindra bersifat tertutup, karena mereka langsung memilih kader yang meiliki potensi dan sistem pemilihannya dilihat dari para kader yang telah direkrut sebelumnya. Proses kaderisasi terhadap peluang keterpilihan caleg sangat berpengaruh, karena dengan sistem kaderisasi yang tertutup, maka para kader yang ditunjuk sudah dibina serta kepribadian yang terdidik dalam pendidikan politik membuat para kader saling berhubungan dengan baik sehingga kemampuan caleg sudah tinggi. Adapun tantangan yang dihadapi oleh partai adalah adanya fenomena berupa, kospolitik, kesulitan dalam menarik simpati masyarakat, serta persaingan antara caleg dan juga tantangan dari segi pengkaderan yang di mana jika tidak menjalin hubungan yang baik antar sesama kader maka para kader bisa ditarik oleh partai lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partai gerindra, rekrutmen, kaderisasi, pemilihan legislatif.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Siti Ana Siti
Date Deposited: 15 Dec 2020 03:22
Last Modified: 15 Dec 2020 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item
View Item