Bimbingan Pranikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutaraja (Studi Analisis Materi Bimbingan Pranikah)

Saphira Adlina, 150402086 (2020) Bimbingan Pranikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutaraja (Studi Analisis Materi Bimbingan Pranikah). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Bimbingan Pranikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutaraja(Studi Analisis Materi Bimbingan Pranikah)]
Preview
Text (Bimbingan Pranikah Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutaraja(Studi Analisis Materi Bimbingan Pranikah))
Saphira Adlina, 150402086, FDK, BKI, 085261826410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bimbingan Pranikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kutaraja (Studi Analisis Materi Bimbingan Pranikah)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya fenomena meningkatnya angka perceraian. Hipotesis peneliti menduga bahwa angka perceraian tinggi disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat dalam membangun rumah tangga. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana proses pelaksanaan bimbingan pranikah di KUA Kecamatan Kutaraja dan apa saja materi pranikah yang diberikan oleh penyuluh di KUA Kecamatan Kutaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah kepala KUA, dua penyuluh, dan empat pengantin yang sudah menerima bimbingan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah gambaran mengenai proses pelaksanaan bimbingan pranikah di KUA yaitu meliputi pendaftaran, pengisian formulir, pelengkapan syarat-syarat berkas nikah, penetapan jadwal bimbingan pranikah, kemudian pelaksanaan bimbingan pranikah yang diberikan oleh penyuluh KUA diikuti oleh calon pengantin dan wali nikah. Adapun temuan penelitian tentang materi pranikah ialah fiqih munakahat, kesehatan reproduksi, doa sehari-hari, dan kewajiban suami istri yang disampaikan dengan ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun beberapa hambatan yang dihadapi penyuluh dalam pelaksanaan bimbingan pranikah diantaranya ialah para catin tidak hadir tepat pada waktunya, dan juga kurang kepedulian catin dalam mengikuti bimbingan pranikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan pranikah, Kantor Urusan Agama, Materi pranikah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.3028 Bimbingan Perkawinan, Termasuk BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Saphira Adlina
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:50
Last Modified: 17 Dec 2020 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15114

Actions (login required)

View Item
View Item