Rahma Maulia, 160206021 (2020) Pengelolaan Kegiatan Kewirausahaan dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di SMKN 3 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Rahma Maulia, 160206021,MPI, FTK, 085270560614-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (15MB) | Preview
Abstract
Kegiatan Kewirausahaan dilakukan untuk membantu mengembangkan skill peserta didik agar mampu menghasilkan produk sehingga peserta didik mandiri. Di SMKN 3 Banda Aceh terdapat beberapa kegiatan kewirausahaan yang bergerak dibidang produk dan jasa, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wadah bagi peserta didik untuk mengekplorasikan kreativitas yang mereka miliki. Sejalan dengan perkembangan sains dan teknologi SMK harus berusaha mengelola dan melatih siswa agar memiliki jiwa kreatif dan mampu berwirausaha untuk bersaing di dunia industri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan kegiatan kewirausahaan, pelaksanaan kegiatan kewirausahaan, dan hambatan kegiatan kewirausahaan dalam pengembangan kreativitas peseta didik di SMKN 3 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian: (1) Perencanaan kegiatan kewirausahaan sudah direncanakan dengan baik yang meliputi adanya strategi, kebijakan, prosedur dan program. hasil perencanaan tersebut dapat di implementasikan dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan melalui mata pelajaran PKK (Produk kreatif dan kewirausahaan). (2) Pelaksanaan kegiatan kewirausahaan dalam mengembangkan kreativitas yaitu berupa pemberian informasi, mengkaji teori dari berbagai informasi, melihat peluang pasar, menetukan tema dan prosedur produksi, mengajukan proposal perizinan, pemasaran dan pembukuan. (3) Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan adalah hambatan kemampuan, hambatan psikologi, hambatan personal, hambatan sumber daya dan hambatan yang memandang kebiasaan. Guru memberikan dorongan dan motivasi, serta apresiasi, disamping itu hambatan sumber daya diatasi dengan mengembangkan kreativitas peserta didik dengan memanfaatkan limbah dan rempah alami dalam membuat produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1. Dr. Sri Rahmi, M. A 2. Nurussalami, M. Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kegiatan Kewirausahaan dalam Pengembangan Kreativitas Peserta Didik di SMKN 3 Banda Aceh |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren > 2X7.344 Pendidikan Ketrampilan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rahma Maulia Rahma |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:00 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15126 |