Kekayaan Sumber Daya Alam Dan Fenomena Kemiskinan Di Kalangan Masyarakat Pesisir ( Studi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya)

Cut Mirananda, 150404026 (2020) Kekayaan Sumber Daya Alam Dan Fenomena Kemiskinan Di Kalangan Masyarakat Pesisir ( Studi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kekayaan Sumber Daya Alam Dan Fenomena Kemiskinan Di Kalangan Masyarakat Pesisir ( Studi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya))
Cut Mirananda, 150404026, FDK, PMI, 082362206100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kekayaan sumber daya alam yang ada di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya sangat banyak dan beraneka ragamnya, tetapi fenomena kemiskinan di kalangan masyarakat pesisir tetap masih ada. Penelitian ini dengan judul “ Kekayaan Sumber Daya Alam dan Fenomena Kemiskinan di Kalangan Masyarakat Pesisir”. Adapun permasalahannya adalah bagaimana gambaran kekayaan sumber daya alam yang ada di Gampong Cot Lheue Rheng, gampong Meue dan gampong Peulandok Tunong. Bagaimana pola pencaharian dan pemanfaatan sumber daya alam yang ada di gampong Cot Lheue rheng, gampong Meue dan gampong Peulandok Tunong dan faktor apa saya yang menyebabkn masyrakat pesisir di gampong Cot Lheue Rheng, gampong Meue dan Gampong Peulandok Tunong Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya hidup dalam keadaan miskin.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian naturalistik dengan pendekatan kualitatif, jenis Field researh (penelitian lapangan) yang didukung teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah tiga orang dari gampong Cot Lheue Rheng, tiga orang dari gampong Meue dan tiga orang dari gampong Peulandok Tunong yang ad di Kecamatan trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekayaan sumber daya alam yang ada di gampong Cot Lheue Rheng, gampong Meue dan gampong peulandok Tunong sangat beraneka ragam mulai dari hasil laut, tambak ikan dan area pertanian sawah serta kebun. Pola pencaharian dan pemanfaatan sumber daya alam tergolong semi modern sehingga hasil panen tidak menentu dan harga hasil panen tidak stabil.
Faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat pesisir hidup dalam keadaan miskin adalah karena Terjerat lingkaran hutang untuk modal, Sumber daya manusia, Terbatasnya peralatan yang digunakan, Kurangnya perhatian dari pemerintah, Tidak memiliki kerja sampingan, Kemiskinan kultural, Menanggung biaya hidup keluarga besar, Tidak handal dalam management keuangan, Kurangnya kreatif dalam mengolah sumber daya alam, dan Penyimpangan sosial. Adapun cara alternatif yang bisa diterapkan untuk meminimalisir faktor-faktor kemiskinan adalah 1. Untuk mindset, adanya pendampingan dan pelatihan bagi para nelayan dan petani, 2. Untuk patologi sosial, memberikan penyuluhan narkoba tentang bahaya narkoba bagi kehidupan bermasyarakat, konseling, bimbingan sosial melalui kunjungan rumah, penyisipan nilai-nilai agama, dukungan dari keluarga dan kerabat, 3. Untuk permasalahan terlilit hutang, maka dibuatkan program Usaha Ekonomi Simpan Pinjam Desa (UESD), kredit usaha tani, peminjaman modal (dari dana desa) dan tabungan akhirat, 4. Untuk permasalahan kreatifitas maka hal yang busa dilakukan adalah menciptakan produk-produk dari hasil alam yang ada seperti, makanan kaleng, abon ikan, keripik dari sayur dan buah-buahan, masker alami dalam kemasan, seperti masker daun kelor, masker daun sirih dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kekayaan Sumber Daya Alam; Fenomena Kemiskinan; Masyarakat Pesisir.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.8 Kegiatan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Cut Mirananda
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:14
Last Modified: 16 Dec 2020 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15128

Actions (login required)

View Item View Item
TOP