Analisis Link And Match Lulusan Dengan Industri Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)

Nur Asmaiyah, 170602219 (2020) Analisis Link And Match Lulusan Dengan Industri Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Link And Match Lulusan Dengan Industri Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Link And Match Lulusan Dengan Industri Kerja (Studi Kasus Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh))
Nur Asmaiyah, 170602219, FEBI, ES, 085262846191.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program link and match lulusan dengan industri kerja Prodi Ekonomi Syariah FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh, persepsi mahasiswa terhadap link and match lulusan dengan industri kerja serta kendala dan solusi mempercepat serapan Alumni Ekonomi Syariah sesuai kompetensi yang dibutuhkan dalam industri kerja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa (1) program link and match lulusan dengan industri kerja Prodi Ekonomi Syariah terdapat beberapa program: melakukan kerjasama dengan perusahaan dan lainnya, penyusunan kurikulum melibatkan pemerintah dan industri keuangan syariah (2) Persepsi mahasiswa terhadap link and match lulusan dengan industri kerja diketahui terdapat 34 orang yang sudah memiliki pekerjaan, sedangkan yang belum memiliki pekerjaan sebanyak 35 orang. Dilihat dari segi informasi (link) terdapat hanya 1 orang dilihat dari segi kesesuaian (match) terdapat 22 orang. Bahwa tingkat kesesuaian Alumni Prodi Ekonomi Syariah hampir terserap secara maksimal, tetapi dalam link belum terserap secara maksimal. (3) kendalanyaseperti :Tidak adanya praktek kerja, Lowongan pekerjaan terbatas, dan kurangnya informasi (link) pekerjaan dari prodi ekonomi syariah. Sedangkan solusinya yaitu: menambah minat membaca dan mempelajari studi kelayakan bisnis, memperhatikan tentang kerjasama dengan industri ekonomi dan keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nilam Sari, M. Ag Pembimbing II : Kamal Fachrurrozi, SE.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Link And Match, Lulusan Dan Industri Kerja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.7 Ketenagakerjaan Berdasarkan Industri dan Pekerjaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Asmaiyah
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:19
Last Modified: 16 Dec 2020 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15129

Actions (login required)

View Item
View Item