Keberadaan Tendung Dalam Kepercayaan Masyarakat Muslim Singkil dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku (Studi Kasus Di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil)

Eva Solina Brampu, 160301005 (2020) Keberadaan Tendung Dalam Kepercayaan Masyarakat Muslim Singkil dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku (Studi Kasus Di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Keberadaan Tendung Dalam Kepercayaan Masyarakat Muslim Singkil dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku (Studi Kasus Di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil))
Eva Solina Brampu, 160301005, FUF, AFI, 085834216478.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tendung merupakan suatu bentuk proses melihat serta mencari jawaban melalui proses ilmu gaib yang dilakukan oleh seorang dukun atau tukang tendung yang memiliki ilmu supranatural. Tendung juga merupakan suatu kepercayaan yang sudah melekat pada diri masyarakat Kecamatan Singkil, sejak dari dulu sampai pada saat sekarang. Oleh Karena itu peneliti ingin mengetahui keberadaan tendung di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, dan pengaruhnya terhadap perilaku.
Penelitian ini bersifat kualitatif yang berbasis penelitian lapangan, menggunakan teknik pengumpulan data, wawancara langsung masyarakat di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil baik tukang tendung maupun warga lainnya. Selain itu juga, tehnik pengumpulan data lainnya seperti dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan tendung di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil masih banyak dijumpai dan masyarakat setempat masih menggunakan tendung dalam jalan untuk menemukan berbagai barang berharga yang hilang, serta melihat hari yang baik karena dianggap sebagai budaya yang sudah lama ada dan mengakar dalam kehidupan masyarakat Singkil. Tujuan pelaksanaan tendung ini agar sesuatu yang ingin dilihat dapat terjawab. Media yang digunakan dalam tendung berupa kunyit, air, serta perkiraan bulan dan hari yang baik yang telah ditentukan oleh tukang tendung itu sendiri. tendung sendiri dapat berpengaruh bagi penggunanya baik dari aspek agamis, sosial, dan juga psikologinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Damanhuri, M. Ag Pembimbing I : Dr. Syarifuddin, S. Ag., M. Hum
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X3 Aqaid dan Ilmu Kalam > 2X3.7 Kepercayaan mengenai hal-hal tertentu
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Eva solina brampu Eva
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:36
Last Modified: 17 Dec 2020 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15136

Actions (login required)

View Item View Item
TOP