Responsibilitas Tenaga Kependidikan dalam Mengemban Tugas Di SMAN 11 Banda Aceh.

Mulizal Syahputra, 140206115 (2019) Responsibilitas Tenaga Kependidikan dalam Mengemban Tugas Di SMAN 11 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Responsibilitas Tenaga Kependidikan dalam Mengemban Tugas Di SMAN 11 Banda Aceh.]
Preview
Text (Responsibilitas Tenaga Kependidikan dalam Mengemban Tugas Di SMAN 11 Banda Aceh.)
Mulizal Syahputra, 140206115, FTK, MPI, 085270903691.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Responsibilitas (tanggung jawab dan komunikasi) merupakan salah satu faktor penunjang agar pegawai atau tenaga kependidikan dapat bekerja dengan semaksimal mungkin, namun tindakan yang dilakukan oleh tenaga kependidikan masih tidak efektif baik dalam bekerja maupun diluar pekerjaan karena responsibilitas yang dimiliki oleh tenaga kependidikan masih kurang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana tanggungjawab tenaga kependidikan di SMA Negeri 11 Banda Aceh dan untuk mengetahui kendala dan solusi saat tenaga kependidikan sedang melakukan kegiatan di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka tata usaha dan waka kurikulum. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan beserta kendala di SMAN 11 Banda Aceh yaitu pertama, permasalahannya yaitu ada 5 diantaranya; layanan, beban tugas, public relation, tanggung jawab, dan evaluasi. Permasalah tersebut membuat kinerja tenaga kependidikan menurun satu sama lain seperti layanan masih kurang antara sesama, beban tugas semakin menumpuk dikarenakan ada tugas tambahan harian yang harus dikerjakan, public relation yang tidak harmonis antara sesama tenaga kependidikan, tanggung jawab yang menurun akibat masalah internal, evaluasi laporan yang masih belum bagus masih harus diperbaiki yang akan memakan waktu lebih. Kemudian ada 3 kendala setelah adanya permasalah diatas yaitu; sikap, komunikasi, dan waktu. Dari ketiga kendala tersebut yang membuat kelima permasalah yang semakin berlarut untuk dikerjakan, maka dari itu kepala sekolah mengambil tindak lanjut dengan mengadakan rapat musyawarah sesama staff agar masalah tersebut teratasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Syabuddin Gade, M.Ag Pembimbing II : Ainul Mardhiah, MA. Pd
Uncontrolled Keywords: Responsibilitas, Tenaga Kependidikan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mulizal Syahputra
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:32
Last Modified: 17 Dec 2020 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15138

Actions (login required)

View Item
View Item