Problematika Dakwah Gampong Geunteut Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar

Mikial Oktarina, 150401123 (2020) Problematika Dakwah Gampong Geunteut Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Problematika Dakwah Gampong Geunteut Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar)
Mikial Oktarina, 150401123, FDK, KPI, 085373724899.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyebaran ajaran Islam dikenal dengan istilah dakwah Islamiyah. Dakwah dan Islam merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena Islam tidak akan tumbuh dan berkembang tanpa dakwah. Demikian pula budaya masyarakat Aceh identik dengan budaya Islam sebagai perwujudan iman dan amal shaleh, sehingga hubungan dakwah Islamiah dengan masyarakat gampong di Aceh saling mengisi dan melengkapi. Jika dicermati maka masyarakat gampong adalah masyarakat yang sangat antusias menyelenggarakan berbagai kegiatan dakwah islamiah walaupun dalam pendekatan yang khas dan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana problematika dan faktor penghambat dakwah di Gampong Geunteut Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah sering diadakan di gampong tersebut, namun problematika terhadap dakwah masih terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : perbedaan pandangan masyarakat yang menganut aliran ahlusunnah wal jama’ah dan muhammadiah terhadap porsoalan furu’iah (cabang), kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya mempelajari ilmu agama, dan kurangnya perhatian aparatur desa setempat untuk menggalakkan dakwah. Sehingga, terjadinya kemerosotan akhlak pribadi muda-mudi Muslim seperti judi, pelecehan seksual hingga kecanduan narkotika dan sebagianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Problematika, dan Masyarakat.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mikial Oktarina
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:31
Last Modified: 17 Dec 2020 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item
TOP