Analisis Penetapan Harga Secara Pembulatan Nilai Berat Timbangan Pada Jasa Pengiriman Barang (Suatu Penelitian Pada Perusahaan J&T Express Cabang Banda Aceh)

Cut Ana Rizki, 160102191 (2020) Analisis Penetapan Harga Secara Pembulatan Nilai Berat Timbangan Pada Jasa Pengiriman Barang (Suatu Penelitian Pada Perusahaan J&T Express Cabang Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Analisis Penetapan Harga Secara Pembulatan Nilai Berat Timbangan Pada Jasa Pengiriman Barang (Suatu Penelitian Pada Perusahaan J&T Express Cabang Banda Aceh))
Cut Ana Rizki, 160102191, FSH, HES, 085226264989.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penetapan harga pada nilai berat timbangan secara pembulatan pada jasa pengiriman barang dengan studi kasus pada perusahaan J&T Express cabang Banda Aceh. Seperti diketahui penentuan tarif J&T Express cabang Banda Aceh menggunakan berat timbangan perkilogram, yaitu dengan cara ditimbang berat barang yang dikirim, kemudian dibulatkan menjadi perkilogram. Apabila berat barang berkisar 1,4 kg, maka dibulatkan menjadi 2 kg. Penelitian ini diteliti dengan perspektif ijārah. Hal ini menjadi dasar peneliti untuk meneliti lebih lanjut bagaimana sistem penimbangan dalam menentukan harga pengiriman yang dilakukan perusahaan J&T Express cabang Banda Aceh, bagaimana mekanisme penetapan harga pada nilai berat barang yang dikirimkan oleh J&T Express cabang Banda Aceh, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem penimbangan dan mekanisme penetapan harga pada nilai berat timbangan pada perusahaan J&T Express. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak karyawan dan konsumen bahwa praktik pembulatan timbangan jasa pengiriman barang di J&T Express cabang Banda Aceh menggunaan timbangan per-kilogram. Sehingga setiap konsumen yang ingin mengirim barang harus mengikuti timbangan perkilogram, padahal setiap barang yang dikirimkan oleh konsumen umumnya tidak pas per-kilogramnya. Dengan demikian mayoritas konsumen J&T Express cabang Banda Aceh merasa terpaksa mengirimkan barangnya. Adapun tinjuan hukum Islam tentang pembulatan timbangan pada jasa pengiriman barang pada J&T Express cabang Banda Aceh adalah belum memenuhi syarat ijārah yaitu kerelaan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Husni Mubarak, Lc., MA Pembimbing II : Faisal Fauzan, M.Si., Ak
Uncontrolled Keywords: Penetapan harga, pembulatan, timbangan, dan jasa pengiriman.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Ana Rizki
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:32
Last Modified: 17 Dec 2020 04:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item
TOP