Penerapan Model Inkuiri dan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 4 Aceh Besar

Nailatul Muna, 150209115 (2020) Penerapan Model Inkuiri dan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Inkuiri dan Media Puzzle untuk   Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Inkuiri dan Media Puzzle untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV MIN 4 Aceh Besar)
Nailatul Muna, 150209115, FTK, PGMI, 085287350284.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di MIN 04 Aceh Besar. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model dan media pendukung untuk menunjang aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu model dan media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu model inkuiri dan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk melihat aktivitas gurudalam penerapan model inkuiri dan media puzzle pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 4Aceh Besar 2)Untuk melihat Aktivitas siswa dalam penerapan model inkuiri dan media puzzle pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 4Aceh Besar 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri dan media puzzlepada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 4Aceh Besar. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik dan instrumen penelitian ini yaitu 1) Lembar observasi aktivitas guru 2) Lembar observasi aktivitas siswa 3) Post Test siswa. Analisis data pada penelitian mengunakan rumus deskriptif persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian diperoleh bahwa 1) Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I adalah 71,73% (Baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,04% (Sangat Baik), 2) Aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran siklus I memperoleh 69,56% (Baik) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,95% (Sangat Baik), 3) Hasil Post Test siswa pada siklus I memperoleh 66,55% (Baik) dan siklus II memperoleh persentase 83,33% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dan media puzzledapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV MIN 04 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri, Media Puzzle, Pembelajaran IPA, Aktivitas Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nailatul Muna
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:28
Last Modified: 21 Dec 2020 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15177

Actions (login required)

View Item
View Item