Penerapan Model Word Square Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Besar.

Hanifatul Humairah, 150209097 (2020) Penerapan Model Word Square Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Word Square Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Besar.]
Preview
Text (Penerapan Model Word Square Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV MIN 4 Aceh Besar.)
Hanifatul Humairah, 150209097, FTK, PGMI, 085296981228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV MIN 04 Montasik Aceh Besar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau biasa disebut dengan PKn dengan penjelasan materi tentang simbol sila Pancasila. Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV MIN 04 Montasik Aceh Besar menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana di kelas masih banyak siswa yang belum aktif dalam pembelajaran. Hal itu disebabkan masih kurangnya guru dalam menerapkan model pembelajaran untuk mendukung keaktifan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan dengan menerapkan model word square dengan media puzzle. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam menggunakan model pembelajaran Word Square dengan Media Puzzle terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 4 Aceh Besar. 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dengan Media Puzzle terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 4 Aceh Besar. 3) untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model Word Square dengan media puzzle pada pembelajaran PKn di kelas IV MIN 4 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa: 1) aktivitas guru pada siklus I hanya memperoleh nilai 80,26 % dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 96,05%. 2) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan memperoleh nilai 75% menjadi 97,36 %. 3) hasil belajar siswa dapat dilihat dari siklus I hanya memperoleh nilai 27,77 % dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 88,88% siswa yang tuntas. Maka dari itu menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Word Square dengan Media Puzzle dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran PKn kelas IV MIN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed Pembimbing II : Al Juhra, S. Sos.I, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Model Word Square Dengan Media Puzzle Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hanifatul Humairah
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:27
Last Modified: 21 Dec 2020 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15178

Actions (login required)

View Item
View Item