Kreativitas Guru Sertifikasi dalam Pengembangan Media Pendidikan di MIN 2 Banda Aceh

Ita Rahmadayani, 160206047 (2020) Kreativitas Guru Sertifikasi dalam Pengembangan Media Pendidikan di MIN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kreativitas Guru Sertifikasi dalam Pengembangan Media Pendidikan di MIN 2 Banda Aceh)
Ita Rahmadayani, 160206047, FTK, MPI, 08163685504.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru sertifikasi haru kreatif dalam mengembangkan media pendidikan, kenyataan di lapangan guru sertifikasi di MIN 2 Banda Aceh hanya kreatif dalam memanfaatkan media pendidikan yang ada, namun masih kurang dalam melakukan pengembangan media pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk kreativitas guru sertifikasi dalam pengembangan media pendidikan di MIN 2 Banda Aceh, dan mengetahui bagaimana implikasi dari kreativitas guru sertifikasi dalam mengembangkan media pendidikan di MIN 2 Banda Aceh, serta mengetahui kendala yang dialami guru sertifikasi dalam pengembangan media pendidikan di MIN 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teori Miles dan Hubberman. Dengan subjek penelitian kepala madrasah dan tiga (3) guru sertifikasi. Hasil penemuan di lapangan, guru sertifikasi di MIN 2 Banda Aceh memiliki 4 bentuk kreativitas yaitu, Pertama, kelancaran berpikir (fluency), guru memiliki inisiatif dalam menyiapkan media pendidikan. Kedua, keluwesan berpikir (flexibility), guru menggunakan keberagaman media pendidikan dalam melaksanakan pengajaran dan pembelajaran. Ketiga orisinalitas (originality), guru memiliki inovasi dalam menyiapkan dan menggunakan media pendidikan. dan keempat, elaborasi (elaboration), guru memberi peluang menyiapkan media pendidikan secara bersamaan kepada siswa. Sementara itu implikasi dari kreativitas media pendidikan adalah dapat memotivasi belajar siswa, di sisi lain kendala guru sertifikasi dalam melakukan pengembangan media pendidikan yaitu dari segi waktu, kurangnya sarana prasarana, serta kurang menguasai media di bidang teknologi informatika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Lailatussaadah, S.Ag, M.Pd Pembimbing II : Dra Cut NyaDhin M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru Sertifikasi, Media pendidikan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ita Rahmadayani
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:28
Last Modified: 21 Dec 2020 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item
TOP