Kesejahteraan Subjektif Penyintas Konflik di Rumoh Geudong setelah 15 tahun Perdamaian Aceh

Intan Aulia Nanda, 150901053 (2020) Kesejahteraan Subjektif Penyintas Konflik di Rumoh Geudong setelah 15 tahun Perdamaian Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kesejahtraan Subjektif Penyintas Konflik Di Rumoh Geudong Setelah !5 Tahun Perdamain Aceh] Text (Kesejahtraan Subjektif Penyintas Konflik Di Rumoh Geudong Setelah !5 Tahun Perdamain Aceh)
Kesejahtraan Subjektif Penyintas Konflik Di Rumoh Geudong Setelah !5 Tahun Perdamain Aceh - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika Kesejahteraan Subjektif Penyintas Konflik di Rumoh Geudong setelah 15 Tahun Perdamaian Aceh. Subjek dalam peneilitian ini adalah tiga orang penyintas konflik yang pernah mengalami tragedi saat masa konflik di Rumoh Geudong. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik Snowball Sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga penyintas konflik di Rumoh Geudong setelah 15 tahun perdamaian Aceh memiliki gambaran kesejahteraan subjektif yaitu gambaran afeksi positif berupa rasa senang karena sudah merasa bebas dan aman, selanjutnya gambaran afeksi negatif yang dirasakan oleh ketiga subjek adalah perasaan cemas jika tragedi yang pernah dialami akan terulang kembali di masa depan. Kemudian, kepuasaan hidup ketiga subjek berbeda-beda, dua subjek merasa sudah puas, sementara satu subjek lainnya merasa belum puas. Namun, secara keseluruhan ketiga subjek sudah dapat menerima dan merasa kehidupan yang sekarang sudah lebih baik dibandingkan saat konflik terjadi serta apa yang pernah diinginkan sudah terwujud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Intan Aulia Nanda Intan
Date Deposited: 23 Dec 2020 11:11
Last Modified: 24 Dec 2020 11:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15205

Actions (login required)

View Item
View Item