Istikhdāmu Al-Kalimātu Al-'Arabiyyah Fī Al-Kalāmi Al-Yaumī Ladā A'dlāi "LDK Ar-Risalah" Bi Jāmi'ati Ar-Raniry Al-Islāmiyyati Al-Hukūmiyyati (Dirāsatu Dilāliyati Wa Lugawiyati Ijtimā'īyyati)

Nur Afni, 160502003 (2020) Istikhdāmu Al-Kalimātu Al-'Arabiyyah Fī Al-Kalāmi Al-Yaumī Ladā A'dlāi "LDK Ar-Risalah" Bi Jāmi'ati Ar-Raniry Al-Islāmiyyati Al-Hukūmiyyati (Dirāsatu Dilāliyati Wa Lugawiyati Ijtimā'īyyati). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penggunaan Kosa Kata Bahasa Asing]
Preview
Text (Membahas tentang Penggunaan Kosa Kata Bahasa Asing)
Nur Afni, 160502003, FAH, BSA, 082269462074.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kata apa saja yang digunakan anggota LDK Ar-Risalah UIN Ar-Raniry dan bagaimana bentuk perubahan makna dan relasi makna yang terjadi didalamnya, serta apa sajakah faktor penggunaan kosa kata Arab di kalangan anggotanya dan apa pengaruh dari penggunaannya. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Sementara hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat sekitar 76 kosa kata arab yang digunakan di LDK Ar-Risalah dengan 19 kosa kata mengalami penyempitan makna, 2 kosa kata mengalami perluasan makna dan 10 kosa kata mengalami perubahan makna total. Adapun faktor penggunaannya diantaranya supaya mereka tidak melupakan beberapa kosa kata bahasa Arab yang sudah dipelajari, karena bahasa Arab itu bahasanya Al-Qur’an, ingin membudayakan bahasa Arab, bahasa Arab itu bahasa yang sopan, lembut dan mudah digunakan, serta faktor lingkungan. Dan pengaruhnya diantaranya yaitu nada bicara menjadi lebih lembut dan sopan, lebih dekat dengan Al-Qur’an, dan membantu memperbaiki makharijul huruf dan pelafalan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Prof. Dr. Azman Ismail, MA 2. Rasyad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Kalimat Bahasa Arab, Semantik, Sosiolinguistik
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 410 Linguistics (Linguistik, Bahasa Indonesia)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Afni
Date Deposited: 30 Dec 2020 04:19
Last Modified: 30 Dec 2020 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item
View Item