Deteksi White Spot Syndrome Virus pada Udang Vaname (Litopenaeus vanamei) di Tambak Masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar

Rika Farida, 140703006 (2019) Deteksi White Spot Syndrome Virus pada Udang Vaname (Litopenaeus vanamei) di Tambak Masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Deteksi White Spot Syndrome Virus pada Udang Vaname (Litopenaeus vanamei) di Tambak Masyarakat Gampong  Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Deteksi White Spot Syndrome Virus pada Udang Vaname (Litopenaeus vanamei) di Tambak Masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar)
Rika Farida, 140703006, FST, BIO, 082372765193.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu udang yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Perkembangan udang ini terganggu karena adanya serangan penyakit White Spot (bintik putih) yang disebabkan oleh White Spot Syndrome Virus (WSSV). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara morfologi bagian tubuh Litopenaeus vannamei yang paling sering terinfeksi virus WSSV dan mendeteksi secara molekular White Spot Syndrome Virus (WSSV) pada Litopenaeus vannamei di tambak masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Polymarase Chain Reaction (PCR). Hasil analisis secara morfologi menunjukkan bahwa tubuh udang vaname (Litopenaeus vannamei) berbentuk lurus, berwarna putih, dan tidak ditemukan bintik putih pada bagian karapas. Deteksi White Spot Syndrome Virus (WSSV) secara molekuler pada Litopenaeus vannamei di tambak masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar menunjukkan bahwa pita DNA tidak menunjukkan pada ukuran amplikon 941 bp. Ukuran amplikon 941 bp merupakan ukuran positif bagi White Spot Syndrome Virus (WSSV). Udang vaname (Litopenaeus vannamei) di tambak masyarakat Gampong Paya Kameng Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar tidak ditemukan adanya serangan White Spot Syndrome Virus (WSSV).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. M. Ali S, M.Si Pmbimbing II : Kamaliah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Udang vaname, White Spot Syndrome Virus (WSSV), Deteksi Molekuler, White Spot, pita DNA
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Rika Farida
Date Deposited: 28 Dec 2020 04:29
Last Modified: 28 Dec 2020 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item
View Item