Sosialisasi Dan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

Ahmad Habibi, 160401063 (2020) Sosialisasi Dan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Sosialisasi Dan Implementasi Program Keluarga Harapan (Pkh) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil)
Ahmad Habibi, 160401063, FDK, KPI, 081534029578.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Sosialisasi dan Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil”. Sejak dibentuk tahun 2007, Program Keluarga Harapan (PKH) yang digerakkan oleh Dinas Sosial merupakan salah satu program berbasis kebijakan dari Pemerintah Indonesia dalam rangka menanggulangi kemiskinan. Salah satu kabupaten di Aceh yang kerap mendapat stereotip tertinggal adalah Kabupaten Aceh Singkil. Kasus kemiskinan di Singkil juga masih tergolong tinggi, terutama di Kecamatan Gunung Meriah sebagai kecamatan paling padat penduduknya. Melalui Dinas Sosial setempat, PKH ikut hadir di Kabupaten Aceh Singkil dalam rangka melaksanakan program pengentasan kemiskinan. Karena itu, studi ini berupaya untuk melihat lebih jauh bagaimana bentuk sosialisasi dan implementasi PKH yang dijalankan di Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti akan berfokus pada Kecamatan Gunung Meriah dalam rangka mengumpulkan data program PKH. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana peneliti terlibat dalam jangka waktu tertentu untuk melakukan wawancara dengan pihak kecamatan, pelaksana program PKH, dan masyarakat setempat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, PKH di Kecamatan Gunung Meriah sudah dilaksanakan selama 6 tahun sejak tahun 2014, dimulai dengan sosialisasi dan dilanjutkan implementasi di lapangan. Sejauh ini, program PKH di Kecamatan Gunung Meriah terlaksana dengan baik, meskipun ada beberapa kendala di lapangan yang peneliti temui, diantaranya data yang masih amburadul terhadap keluarga penerima dampak program PKH, selain itu, dari hasil penelitian menunjukkan belum sepenuhnya pendamping PKH di Kecamatan Gunung Meriah meng-graduasi peserta PKH yang sudah sejahtera dalam list penerima program PKH. Karena itu, kedepan dibutuhkan pendampingan dan evaluasi dari pelaksana program untuk membantu program PKH di Kecamatan Gunung Meriah lebih tepat sasaran dan dapat menjadi salah satu program andalan dalam pengentasan kemiskinan di Kabupaten Singkil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Implementasi, Program Keluarga Harapan (PKH).
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Habibi
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:19
Last Modified: 29 Dec 2020 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item
TOP