Hasfrilla Yulanda, 140204079 (2019) Persepsi Siswa Terhadap Pemahaman Konsep IPA Secara Tematik di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Hasfrilla Yulanda, 140204079, FTK, PFS, 082165075335.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Pemerintah mulai memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014. Subtansi IPA pada SMP/MTs merupakan IPA terpadu. Model pembelajaran tematik merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran terpadu. Istilah pembelajaran tematik pada dasarnya adalah model pembelajaran yang mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. MTsN 4 Banda Aceh menerapkan pembelajaran terpadu pada IPA terpadu. Namun dalam pelaksanaanya guru masih melaksanakan pembelajaran secara terpisah, hal tersebut terjadi karena terdapat beberapa guru yang belum mampu mengaitkan beberapa mata pelajaran. Pada umumnya guru-guru yang tersedia terdiri atas guru-guru disiplin ilmu seperti Fisika, Kimia dan Biologi. sehingga guru hanya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pemahaman konsep IPA secara tematik di MTsN 4 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi dan guru pelajaran IPA di MTsN 4 Banda Aceh. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2 serta 2 orang guru mata pelajaran IPA di MTsN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan wawancara. Penyebaran kuisioner diberikan kepada siswa. Wawancara dilakukan kepada 2 orang guru mata pelajaran IPA. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pemahaman konsep IPA secara tematik di MTsN 4 Banda Aceh adalah baik, dimana proses pembelajaran secara tematik dapat membantu siswa dalam memahami konsep IPA. Umumnya guru sudah memahami aspek-aspek dalam pembelajaran tematik. Peneliti memberikan saran bagi kepala sekolah agar mengevaluasi pembelajaran tematik yang dilaksanakan guru, selain itu diharapkan bagi Dinas Pendidikan kota Banda Aceh, agar dapat mengadakan pelatihan-pelatihan kepada guru agar dapat melaksanakan pembelajaran tematik dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Khairiah Syahabuddin, S.Ag, MHSc.ESL,M.TESOL, Ph.D Pembimbing II : Juniar Afrida, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa, Konsep IPA, Tematik |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hasfrilla Yulanda |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 02:49 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 02:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15220 |