Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Di MAN 4 Aceh Besar

Sofia Wardani, 140204163 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Di MAN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik)
Sofia Wardani, 140204163, FTK, PFS, 081370100345.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat peserta didik untuk belajar materi momentum, impuls, dan tumbukan menjadi pemicu penyebab peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran, dimana pendidik tidak menggunakan model yang tepat untuk kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah. Maka dari itu perlu kegiatan pembelajaran yang bisa melatih hasil belajar peserta didik. Salah satu solusi adalah dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi: momentum, impuls, dan tumbukan, dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi momentum, impuls, dan tumbukan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan design penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design yang melibatkan kelas eksperimen XI MIA2 dan kelas kontrol XI MIA1. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis melalui statistika dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi momentum, impuls dan tumbukan di MAN 4 Aceh Besar dimana thitung > ttabel yaitu 6,93 > 2,02, dan untuk kriteria respon peserta didik tertarik hingga 96,1 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi momentum, impuls dan tumbukan di MAN 4 Aceh Besar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khairiah Syahabuddin, M.HSc.ESL., M.TESOL., Ph.D 2. Yeggi Darnas, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Sofia Wardani
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:49
Last Modified: 29 Dec 2020 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item
View Item