Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah

Muhammad Fuad, 201325197 (2020) Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik]
Preview
Text (Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik)
Muhammad Fuad, 201325197, FTK, PGMI, 081262884958.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks karena banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salahsatu faktor tersebut adalah guru. Keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi antara guru dan peserta didik. Saat ini, proses belajar mengajar seringkali menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar peserta didik menurun. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi dalam belajar. Melihat kondisi tersebut, maka penulis mencoba menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran Tematik di kelas IV dengan tujuan memberikan ruang gerak berpikir yang bebas kepada siswa untuk mencari konsep dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan materi yang disampaikan guru. Adapun jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian pengembangan atau Research and Devolopment (R&D), yakni suatu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk baru. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan tersebut yaitu analysis design, dan Development. Penelitian ini tidak menggunakan implementation dan evaluation. Hasil penelitian menujukkan bahwa: Desain pengembangan bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis berada dalam kategori layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat digunakan dalam proses pembelajaran Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, S.Ag., M.Ag 2. Wati Oviana, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, PBL
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Fuad
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:24
Last Modified: 29 Dec 2020 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15222

Actions (login required)

View Item
View Item