Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Pada SMAN 1 Darul Imarah

Muhammad Zuhemi, 150204024 (2020) Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Pada SMAN 1 Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pendidikan)
Muhammad Zuhemi, 150204024, FTK, PFS, 082367233836.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Idealnya jika seorang siswa memiliki persepsi yang baik terhadap keterampilan mengajar gurunya maka hasil belajar siswa tersebut juga akan baik. Namun kenyataannya hasil belajar Fisika siswa masih sangat rendah (umumnya masih dibawah KKM). Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: adakah hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah. Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri atas 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dengan 30 siswa , kelas XI IPA 2 dengan 30 siswa, kelas XI IPA 3 dengan 20 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah IPA 1 dan kelas XI IPA 2 yaitu sebanyak 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihasilkan adalah sebesar 0,007 < 0,05 dan terdapat dua tanda bintang (**) pada nilai Pearson Correlation yang dilakukan melalui analisis korelasi. Hal ini berarti Ha diterima, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar Fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Darul Imarah. Jadi semakin baik keterampilan guru dalam mengajar maka akan semakin tinggi pula hasil belajar Fisika yang akan diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Soewarno S, M.Si 2. Fera Annisa, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar, Hasil Belajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Depositing User: Muhammad Zuhemi Zuhemi
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:49
Last Modified: 29 Dec 2020 03:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15224

Actions (login required)

View Item View Item
TOP