Penerapan Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Di Kelas X SMAN 1 Salang.

Andika Rahman, 140204148 (2019) Penerapan Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Di Kelas X SMAN 1 Salang. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Di Kelas X SMAN 1 Salang.]
Preview
Text (Penerapan Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Di Kelas X SMAN 1 Salang.)
Andika Rahman, 140204148, FTK, PFS, 082259252892.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di kelas X IPA SMA 1 Salang dengan judul “penerapan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak lurus” hal ini dilakukan untuk mendapat solusi hasil belajar yang masih belum memenuhi nilai KKM, karena kurang menarik dan metode yang terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar dan respon peserta didik kelas X IPA pada materi gerak lurus. Desain penelitian yang digunakan True Exsperimental Design dengan jenis pretest-posttest control group design. Populasi digunakan dua kelas yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang peserta didik, dan X IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 23 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa tes soal dan angket respon peserta didik. Tes soal berupa pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah di uji validitasnya dan angket berupa pernyataan setuju atau tidak setuju. Hasil perhitungan normalitas menggunakan Chi Kuadrat pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua varian homogen. Hasil perhitungan skor rata-rata posttest kedua kelas dengan menggunakan uji t diperoeh thitung = 4,46 dan ttabel = 1,67. Hal ini berarti thitung>ttabel dengan Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan penggunaan metode pembelajaran SQ3R terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil respon peserta didik menunjukkan indikator SS= 81,8%, S=76,8%, STS=42,3%, TS=38%. Jelas bahwa respon peserta didik terhadap pembelajaran gerak lurus dengan metode SQ3R menarik bagi peserta didik dan memberi semangat baru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Isa, M.Si 2. Juniar Afrida. M.Pd
Uncontrolled Keywords: SQ3R (survey, question, read, recite, review) dan hasil :belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Andika Rahman Andika
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:53
Last Modified: 29 Dec 2020 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item
View Item