Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas III MIN 27 Aceh Besar

Yessi Syafriani, 150209048 (2019) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas III MIN 27 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas III MIN 27 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Kelas III MIN 27 Aceh Besar)
Yessi Syafriani, 150209048, FTK, PGMI, 081360809585.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match pada pembelajaran PPKn di kelas III MIN 27 Aceh Besar. (2) Mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match pada pembelajaran PPKn kelas III MIN 27 Aceh Besar. (3) Mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model Cooperative Learning Tipe Index Card Match pada pembelajaran PPKn kelas III MIN 27 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 76,13% dalam kategori baik dan siklus II memperoleh nilai 95,45% dalam kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 69,73% dalam kategori baik dan siklus II memperoleh nilai 94,73% berada dalam kategori baik sekali. (3) hasil tes pada siklus I jumlah nilai diperoleh sebanyak 2.350 dengan rata-rata 63,51 dengan jumlah 20 orang siswa yang tuntas dan 17 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II jumlah nilai sudah mengalami peningkatan menjadi 3.410 dengan rata-rata 92,16 dengan jumlah 34 orang siswa yang tuntas dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 91,89%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIN 27 Aceh Besar pada pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Irwandi, S.Pd. I., M.A. Pembimbing II : Tabrani ZA, S.Pd.I., M.S.I., MA.
Uncontrolled Keywords: Model Index Card Match, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yessi Syafriani
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:44
Last Modified: 29 Dec 2020 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15228

Actions (login required)

View Item
View Item