Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar

Tri Uttari, 150209112 (2020) Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas V MIN 4 Aceh Besar)
Tri Uttari, 150209112, FTK, PGMI, 082365264402.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis siswa kelas V MIN 4 Aceh Besar terutama dalam menulis teks nonfiksi masih lemah, nilai kemampuan menulis mereka masih di bawah KKM yaitu 70. Selain itu minat belajar mereka juga masih kurang. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya dengan menerapkan metode Outdoor Learning sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks nonfiksi siswa dalam proses pembelajaran menggunakan metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kemampuan Menulis siwa kelas V MIN 4 Aceh Besar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: aktivitas guru pada siklus I dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase 75,00%. Dan mengalami peningkatan menjadi 90,21% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa juga meningkat dimana pada siklus pertama hanya 71,73% menjadi 91,30%. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan siswa dalam menulis dimana pada siklus pertama hasil tes siswa hanya 63,15% meningkat menjadi 89,47%.Dengan demikian bahwa penerapan metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di Kelas V MIN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fithriyah, S.Ag., M.Pd. Pembimbing II : Fajriah, S.Pd.I, M.A
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Learning, Kemampuan Menulis Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tri Uttari
Date Deposited: 29 Dec 2020 04:06
Last Modified: 29 Dec 2020 04:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item
View Item