Evaluasi Pemekaran Wilayah Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gayo Lues

Zarrah, 150802003 (2020) Evaluasi Pemekaran Wilayah Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Evaluasi Pemekaran Wilayah Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten  Gayo Lues]
Preview
Text (Evaluasi Pemekaran Wilayah Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gayo Lues)
Zarrah, 150802003, FISIP, IAN, 081216577478.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemekaran wilayah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pelayanan dan mempercepat pembangunan perekonomian guna kesejahteraan masyarakat. Pemekaran wilayah tidak hanya terjadi di tingkat provinsi, akan tetapi terjadi di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa yang terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia, termasuk pemekaran di Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dampak pemekaran terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gayo Lues dan peran pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah pemekaran di Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dampak pemekaran wilayah terhadap kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gayo Lues, pertama segi pelayanan publik, masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan berupa pelayanan administrasi, pendidikan dan kesehatan dan juga pelayanan berupa barang dan jasa seperti akses jaringan internet, jaringan telepon, dan listrik mulai memasuki desa-desa di Kabupaten Gayo Lues. Kedua segi pembangunan ekonomi, dan kesejahteraan ekonomi masyarakat belum merata, masih ada daerah yang tergolong desa tertingga dan juga tingginya angka kemiskinan. Ketiga segi potensi alam, masyarakat dapat mengelola sendiri sumberdaya alam yang melimpah di Gayo Lues karena mendapatkan pengakuan menjadi daerah otonom. Dalam hal ini pemerintah perlu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari segi pelayanan publik kepada masyarakat melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia, dan pembangunan perekonomian, serta pengelolaan potensi alam dengan sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pemekaran Wilayah, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Zarrah Zarrah
Date Deposited: 30 Dec 2020 02:57
Last Modified: 30 Dec 2020 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item
View Item