Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudarabah, dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas BNI Syariah

Husnul Khatimah, 150603183 (2019) Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudarabah, dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas BNI Syariah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudarabah, dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas BNI Syariah]
Preview
Text (Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Mudarabah, dan Musyarakah Terhadap Profitabilitas BNI Syariah)
Husnul Khatimah, 150603183, FEBI, PS, 082272122852.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembiayaan murabahah, mudharabah dan musyarakat memiliki pengaruh terhadap profitabilitas pada BNI Syariah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data yang telah dipublikasi pada website BNI Syariahdengan sumber data triwulan selama delapan tahun.Metode penelitian yang digunakan adalahanalisis linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan pembiayaan murabahah berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas BNI Syariah, pembiayaan mudarabah juga berpengaruh signifikan namun bernilai negatif terhadap profitabilitas (ROA) pada BNI Syariah dan pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh signifikan dan meimiliki nilai negatif terhadap profitabilitas BNI Syariah, secara simultan pembiayaan murabahah, mudarabah dan musyarakah memiliki pengaruh signifikan terhadap profitabilitas BNI Syariah. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,240 ini menunjukkan bahwa kontribusi pembiayaan murabahah, mudarabah dan musyarakah hanya mampu menjelaskan variasi profitabilitas BNI Syariah sebesar 24% saja, sedangkan 76% dielaskan oleh variable lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Israk Ahmadsyah B.Ec.,M.Ec.,M.Sc. Pembimbing II : Hafiizh Maulana,S.P.,S.H.I,.M.E
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Husnul Khatimah
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:36
Last Modified: 30 Dec 2020 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item
View Item