Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah

Riki Main Aksi, 150201162 (2020) Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah]
Preview
Text (Penerapan Model Active Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah)
Riki Main Aksi, 150201162, FTK, PAI, 082217523320.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian pada skripsi ini adalah bagaimana penerapan model active learning untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, dan untuk mengetahui partisipasi peserta didik terhadap model active learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Simeulue Tengah, dalam pengumpulan data penulis menggunakan observasi, tes belajar dan partisipasi siswa. Tes ini digunakan untuk menguji penerapan model active learning untuk meningkatkan partisipasi peserta didik. Hasil dari penelitian ini menjawab dari rumusan masalah yang mana perencanaan dilakukan pada pembelajaran PAI materi Berani Hidup Jujur sudah terlaksana dengan bagus. Pembelajaran model active learning pada pembelajaran PAI sudah mencapai keberhasilan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI materi Berani Hidup Jujur sudah mencapai ketuntasan hal ini terlihat pada hasil tes siklus I nilai rata-rata 1690 dengan persentase 80% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 1830 dengan persentase 87%. Data aktivitas guru pada siklus I yaitu 78% dan pada siklus II yaitu 90%, aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75% dan siklus II yaitu 88%, partisipasi siswa pada siklus I yang menjawab selalu adalah 60% menjawab sering 34% kadang-kadang 6% dan tidak pernah 0%. Kemudian pada siklus II yang menjawab selalu adalah 84%% menjawab sering 16% kadang-kadang dan tidak pernah 0% . Terlihat sangat jelas penerapan pembelajaran menggunakan model active learning mengalami peningkatan yang lebih baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran dengan guru menggunakan model active learning, memberikan dampak dan perbaikan positif pada siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar serta partisipasi peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Simeulue Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Imran, M. Ag Pembimbing II : Sri Mawaddah, M.A
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Guru PAI, Partisipasi Peserta Didik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Riki Main Aksi Riki
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:07
Last Modified: 30 Dec 2020 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item
View Item