Transaksi Jual Beli Mystery Box Pada Situs Shopee Ditinjau Dalam Perspektif Ba’i Salam (Studi Kasus di Banda Aceh)

Miftahul Jannah, 160102161 (2020) Transaksi Jual Beli Mystery Box Pada Situs Shopee Ditinjau Dalam Perspektif Ba’i Salam (Studi Kasus di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Transaksi Jual Beli Mystery Box Pada Situs Shopee Ditinjau Dalam Perspektif Ba’i Salam (Studi Kasus di Banda Aceh))
Miftahul Jannah, 160102161, FSH, HES, 085362737434.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Transaksi jual beli mystery box adalah suatu praktik jual beli kotak misteri secara online. Jenis barang yang dijual pada produk mystery box tersebut beraneka ragam. Secara umum jual beli ini memiliki konsep kejutan sehingga secara spesifik pembeli tidak dapat mengetahui isi dari mystery box, namun hanya bisa menentukan jenis dari produk tersebut. Situs Shopee merupakan salah satu platform yang menjual produk mystery box dan tengah marak di kalangan masyarakat khususnya warga kota Banda Aceh. Berbeda dengan jual beli biasa, jual beli ini menarik minat pembeli karena pada kenyataannya jual beli ini dianggap unik dan menguntungkan, tetapi banyak pembeli merasa kecewa dan dirugikan. Hal itu karena barang yang terdapat di dalamnya tidak disebutkan secara rinci oleh penjual, hingga menyebabkan barang yang sudah diterima tidak dapat ditukarkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsep dan praktik transaksi jual beli mystery box pada situs Shopee di Banda Aceh, bagaimana bentuk pertanggung jawaban penjual terhadap jual beli mystery box pada situs Shopee di Banda Aceh, dan bagaimana transaksi jual beli mystery box pada situs Shopee di Banda Aceh ditinjau dalam perspektif ba’i salam. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian ialah praktik transaksi jual beli mystery box dilakukan dengan cara pembeli memesan mystery box pada situs Shopee, melakukan proses pembayaran dan pembeli akan menerima produk tersebut dalam keadaan tidak mengetahui barang yang akan didapatkan. Bentuk pertanggung jawaban penjual terhadap jual beli mystery box pada situs Shopee tidak ada, karena sebelumnya penjual telah memberikan informasi secara lengkap mengenai produk yang ditawarkan pada kolom bagian deskripsi. Transaksi jual beli mystery box pada situs Shopee dalam praktiknya tidak sah, merujuk pada ketentuan akad ba'i salam, dikarenakan tidak terpenuhinya salah satu syarat ba’i salam yakni pada spesifikasi dan karakteristik barang. Dan transaksi seperti ini termasuk juga dalam kategori jual beli gharar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Ridwan Nurdin, MCL Pembimbing II : Muhammad Syuib, S.H.I., M.H., M.Leg.St
Uncontrolled Keywords: Jual Beli, Mystery Box, Ba’i Salam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.211 Salam (Pemesanan)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:46
Last Modified: 30 Dec 2020 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item View Item
TOP