Transaksi Rom Berakad Ditinjau Menurut Perspektif Akad Mukhābarah Pada Pengelolaan Lahan Persawahan Di Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah

Suryadi, 140102201 (2019) Transaksi Rom Berakad Ditinjau Menurut Perspektif Akad Mukhābarah Pada Pengelolaan Lahan Persawahan Di Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Transaksi Rom Berakad Ditinjau Menurut Perspektif Akad Mukhābarah Pada Pengelolaan Lahan Persawahan Di Kecamatan Celala Kabupaten  Aceh Tengah]
Preview
Text (Transaksi Rom Berakad Ditinjau Menurut Perspektif Akad Mukhābarah Pada Pengelolaan Lahan Persawahan Di Kecamatan Celala Kabupaten Aceh Tengah)
Suryadi, 140102201, FSH, HES, 082165196761.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mukhābarah adalah suatu akad kerja sama dalam bidang pertanian atau perkebunan yang dilakukan antara pemilik lahan dan pengelola, di mana pemilik lahan akan menyerahkan lahan miliknya kepada pengelola dan bibit yang akan ditanami dibebankan kepada pengelola lahan, dan hasilnya akan di bagi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari jawaban terhadap permasalahan yang terjadi dikalangan masyarakat Kecamatan Celala tentang bagaimana mekanisme kerja sama transaksi rom berakad yang masih dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Celala, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerja sama rom berakadditinjau menurut konsep akad mukhābarah. Untuk mencapai keberhasilan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan maqāsīdi sebagai pendekatan umum, kemudian di samping itu sumber data dari penelitian ini adalah subjek lain (manusia) maka penelitian ini menggunakan pendekatan jenis sosiologis sebagai pendekatan khusus dan jenis metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian kualitatif.Berdasarkan hasil penelitianbahwa, kerja sama rom berakad pada pengelolaan lahan persawahanmerupakan kerja sama yang mirip dengan konsep akad mukhābarah, namun dalam penerapannya belum sepenuhnya sesuai dengan konsep akad mukhābarah.Hal ini disebabkan karena terdapat ketidaksesuaian terhadap syarat yang ditetapkan dalam akad mukhābarah, yaitu pada penentuan bagian dari hasil panen yang ditentukan oleh pemilik lahan dengan jumlah tertentu. Praktik inimengakibatkan rusaknya akad karena terdapat hal yang dilarang dalam akad mukhābarah. Oleh karena itu, perlu adanya penyuluhan kepada masyarakat agar melakukan kerja sama yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jabbar, MA Pembimbing II : Badri,SHI.,MH
Uncontrolled Keywords: Mukhābarah, Kerja Sama, Bagi Hasil
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.243 Mukharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Suryadi Suryadi
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:30
Last Modified: 07 Jan 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15273

Actions (login required)

View Item
View Item