Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil

Siti Kulsum Marahma, 160206044 (2020) Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil]
Preview
Text (Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil)
Siti Kulsum Marahma, 160206044, FTK, MPI, 085293964538.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peran Kepala Sekolah dalam sebuah lembaga pendidikan menjadi salah satu faktor utama menuju jalan keberhasilan. oleh sebab itu kepala sekolah di tuntut untuk mampu mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan tatanan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam pembinaan sikap toleransi beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil. Dan untuk mengetahui sikap toleransi beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapai kepala sekolah dalam pembinaan sikap toleransi beragama di SMAN 1 Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan 2 (guru) mata pelajaran. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam Pembinaan Sikap Toleransi Beragama memiliki 5 (lima) peran yaitu, peran sebagai manager, peran sebagai pemimpin, peran sebagai pendidik, peran sebagai administrator, dan peran sebagai supervisor. Sementara itu terdapat 4 Sikap Toleransi Beragama yaitu sikap Memberikan Kebebasan dan Kemerdekaan, sikap Mengakui Hak Setiap Orang, Menghormati keyakinan orang lain dan saling mengerti, kemudian kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam pembinaan sikap toleransi beragama adalah sulitnya menyesuaikan lingkungan bagi peserta didik yang baru masuk dengan keadaan sekolah yang memiliki perbedaan agama, pembicaraan yang menyinggung dengan komunitas agama masing-masing menyebabkan terjadi kesalahpahaman, awal masuk sekolah peserta didik yang non-muslim masih enggan untuk mengikuti kegiatan rutin yang dilakukan sekolah, dalam membina sikap toleransi beragama dan yang terakhir Waktu yang dimiliki kepala sekolah sangat sedikit untuk turun langsung dalam membina sikap toleransi beragama karena kesibukan kepala sekolah diberbagi hal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M Daud, M.Pd, Pembimbing II : Ti Halimah, S.Pd. I., MA
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pembinaan, Sikap Toleransi Beragama
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3204 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Siti kulsum Marahma
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:41
Last Modified: 06 Jan 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15284

Actions (login required)

View Item
View Item