Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya

Dewi Sartika, 150207094 (2020) Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya.]
Preview
Text (Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya.)
Dewi Sartika, 150207094, FTK, PBL, 082261155256.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya berlangsung secara konvensional dan media yang digunakan hanya terfokus pada buku paket saja sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penggunaan media diorama pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu true experiment dengan bentuk pre-test post-test one group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot yang terdiri dari dua kelas VIIa dan VIIb. Sampel pada penelitian ini sebanyak 24 siswa yang terdiri dari kelas kontrol 14 siswa dan kelas eksperimen 10 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan soal tes bentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan persentase motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 77,5% dengan kriteria sangat bagus dan meningkat pada pertemuan II sebesar 91,25% dengan kriteria sangat bagus sedangkan persentase motivasi belajar kelas kontrol pertemuan I sebesar 40% dengan kriteria cukup bagus dan pertemuan II sebesar 50% dengan kriteria cukup bagus. Selanjutnya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 30,4 meningkat pada nilai rata-rata post-test sebesar 71 dengan N-gain sebesar 0,61 tergolong dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol nilai rata-rata pre-test sebesar 32,14 meningkat pada nilai rata-rata post-test sebesar 53,64 dengan N-gain sebesar 0,34 tergolong dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 11,9 >ttabel = 2,07 (db 22 α =0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media diorama dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada materi ekosistem kelas VII SMP Negeri 4 Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Materi Ekosistem
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:18
Last Modified: 08 Jan 2021 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item
View Item