Tindakan Aparatur Penegak Hukum Terhadap Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Ditinjau Menurut UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 (Studi Kasus di Kabupaten Simeulue)

Ijang Uttata, 160106048 (2020) Tindakan Aparatur Penegak Hukum Terhadap Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Ditinjau Menurut UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 (Studi Kasus di Kabupaten Simeulue). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Tindakan Aparatur Penegak Hukum Terhadap Pencemaran Nama Baik Melalui Media Sosial Ditinjau Menurut UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 (Studi Kasus di Kabupaten Simeulue))
Ijang Uttata, 160106048, FSH, IH, 085275135572.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penegakkan hokum terhadap pencemaran nama baik menurut UU ITE dan apa saja langkah-langkah yang dilakukan pihak penegak hokum dalam menangani kasus UU ITE di Kabupaten Simeulue serta untuk mengetahui penerapan hukum atas perbuatan tindak pidana pencemaran nama baik di dunia maya. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian Normatif dan Sosiologis. Karena data yang diperoleh dari penelitian berupa wawancara dengan pihak yang berkaitan serta data yang bersumber dari perpustakaan. Dengan ini penulis bertujuan untuk melakukan penelitian terhadap bagaimana penegakkan hukum terhadap pencemaran nama baik menurut UU ITE dan bagaimana penegakkan hukum menurut undang-undang ITE terhadap sanksi bagi pelakunya di Kabupaten Simeulue. Dalam hal ini tentunya pihak penegak hukum khususnya yaitu Kepolisian Republik Indonesia Badan kepolisian unit cybercrime dalam hal ini berperan aktif dalam menanggapi, menyelidiki dan menyelesaikan terhadap kasus cybercrime. Khususnya untuk Polres Simeulue agar lebih memerhatikan terhadap kejahatan-kejahatan yang dilakukan melalui media sosial oleh oknum-oknum yang menyudutkan dan melakukan isu SARA terhadap suatu daerah agar adanya efek jera terhadap pelaku. Dan diharapkan kepada seluruh pengguna sosial media agar lebih bijak dalam menggunakan sosial media agar tidak terjadi hal-hal yang menimbulkan tindak pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mizaj Iskandar., Lc., LL.M Pembimbing II : Dr. Jamhir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penegakkan Hukum Terhadap Pelaku Pencemaran Nama Baik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum > 345 Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Ijang Uttata
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:19
Last Modified: 06 Jan 2021 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15287

Actions (login required)

View Item View Item
TOP