Metode Bimbingan Membaca Al-Quran bagi Santri di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga

Fitri Yanti Dinata, 1504902008 (2020) Metode Bimbingan Membaca Al-Quran bagi Santri di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Metode Bimbingan Membaca Al-Quran bagi Santri di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga]
Preview
Text (Metode Bimbingan Membaca Al-Quran bagi Santri di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga)
Fitri Yanti, 150402008, FDK, BKI, 082277115828.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Metode Bimbingan Membaca Al-Quran bagi Santri di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Markazul Qur’an Lampoh Beut Lamlhom Kecamatan Lhoknga”, merupakan penelitian yang membahas tentang santri masih kurang mampu membaca al-Quran dengan baik sesuai dengan ilmu tajwid meskipun para ustadz/ustadzah telah menggunakan metode iqra’ dalam membimbing membaca al-Quran. Kesalahan yang sering ditemukan adalah bacaan panjang pendek, selain itu ustadz/ustadzah belum bisa menerapkan sepenuhnya metode tersebut karena motivasi santri untuk belajar membaca al- Quran masih kurang, disamping itu ada beberapa santri masih susah dibimbing dalam membaca al-Quran karena mereka lebih sering ngobrol dengan teman mereka sehingga membuat tidak fokus dalam membaca al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dalam membimbing santri membaca al-Quran, serta kendala apa saja yang di hadapi oleh TPA Markazul Qur’an dalam membimbing santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, yaitu pendekatan yang memberi gambaran secara objektif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, sementara pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah sumber utama data penelitian ini yaitu direktur TPA Markazul Qur’an, ustadz/ustadzah, serta santriwan/santriwati TPA Markazul Qur’an. Setelah medapatkan data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang digunakan dalam membimbing santri membaca al-Quran adalah menggunakan metode iqra’ dan metode yang hampir sama dengan iqra’ namun telah disederhanakan oleh pengarangnya disebut tamhidi, (2) kendala yang dihadapi oleh TPA Markazul Qur’an yaitu sebagian dari ustadz/ustadzah masih kurang mengerti dalam menerapkan metode iqra’ dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bimbingan Membaca Al-Quran, Santri TPA
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fitri Yanti
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:26
Last Modified: 07 Jan 2021 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15290

Actions (login required)

View Item
View Item