Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Kegiatan Produksi Minyak Wangi (Studi Pada Bisnis Minyeuk Pret Desa Lam Ara, Kecamatan Banda Raya)

Hanifa, 160602213 (2020) Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Kegiatan Produksi Minyak Wangi (Studi Pada Bisnis Minyeuk Pret Desa Lam Ara, Kecamatan Banda Raya). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Kegiatan Produksi Minyak Wangi (Studi Pada Bisnis Minyeuk Pret Desa Lam Ara, Kecamatan Banda Raya)]
Preview
Text (Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Kegiatan Produksi Minyak Wangi (Studi Pada Bisnis Minyeuk Pret Desa Lam Ara, Kecamatan Banda Raya))
Hanifa, 160602213, FEBI, ES, 081260503621.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Produksi merupakan aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh produsen dalam memanfaatkan atau menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan suatu output tertentu, yaitu barang dan jasa guna memenuhi kebutuhannya sendiri dan atau orang lain. Dalam setiap kegiatan produksi perlu diterapkan etika bisnis Islam agar kehidupan manusia dapat terarah untuk mencapai kebahagiaan dunia dalam bentuk memperoleh keuntungan materil dan kebahagiaan akhirat dengan memperoleh rida Allah SWT. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan etika bisnis Islam dalam kegiatan produksi Minyuek Pret Desa Lam Ara Kecamatan Banda Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa proses kegiatan produksi Minyeuk Pret ini terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pengumpulan bahan, tahap penakaran, tahap mixing (pengadukan), tahap filling, tahap crimping, dan tahap pengemasan. Kemudian untuk kegiatan produksi Minyeuk Pret telah sesuai dengan penerapan etika bisnis Islam baik itu dalam hal proses produksinya, kehalalan zatnya, kemaslahatannya, serta kebersihan dalam kegiatan produksinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis Minyuek Pret telah menerapkan etika bisnis Islam dalam kegiatan produksinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nevi Hasnita, M.Ag. Pembimbing II : Jalilah, S.H.I., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam; Kegitan Produksi; Minyeuk Pret
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanifa Hanifa
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:58
Last Modified: 07 Jan 2021 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15298

Actions (login required)

View Item
View Item