Kontribusi Gerakan Jamaah Subuh Keliling Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melaksanakan Salat Fardhu Berjamaah

Alfath Ulya, 150402108 (2020) Kontribusi Gerakan Jamaah Subuh Keliling Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melaksanakan Salat Fardhu Berjamaah. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Kontribusi Gerakan Jamaah Subuh Keliling Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melaksanakan Salat Fardhu Berjamaah]
Preview
Text (Kontribusi Gerakan Jamaah Subuh Keliling Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melaksanakan Salat Fardhu Berjamaah)
Alfath Ulya, 150402108, FDK, BKI, 082247312549.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Kontribusi Gerakan Jamaah Subuh Keliling Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Melaksanakan Salat Fardhu Berjamaah”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kontribusi gerakan jamaah subuh keliling dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat melaksanakan salat fardhu berjamaah di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, 2) Bagaimana peluang dan tantangan gerakan jamaah subuh keliling dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat melaksanakan salat fardhu berjamaah di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana kontribusi gerakan jamaah subuh keliling dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat melaksanakan salat fardhu berjamaah, 2) Untuk mengetahui bagaimana peluang dan tantangan gerakan jamaah subuh keliling dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat melaksanakan salat fardhu berjamaah. Penelitian ini deskriptif kualitatif, menggunakan observasi dan instrumen wawancara sebagai alat pengumpulan data dengan jumlah subjek sebanyak 8 orang yang terdiri dari 3 orang pengurus gerakan jamaah subuh keliling, 2 orang imam masjid dan 3 orang jamaah. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) gerakan subuh keliling sangat memberikan kontribusi terhadap kesadaran masyarakat akan salat berjamaah yang ditunjukkan dari: a) Meningkatnya minat masyarakat untuk salat berjamaah, b) Dapat memakmurkan masjid-masjid dikarenakan dilaksanakan secara bergiliran setiap masjid yang ada di Kecamatan Susoh, c) Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya salat berjamaah ke mesjid, d) Menambah wawasan masyarakat akan nilai-nilai keagamaan, e) Memperluas dan memperkuat persaudaraan sesama umat Islam di Kecamatan Susoh. 2) Dalam pelaksanaan subuh keliling terdapat beberapa peluang dan tantangan, yaitu: 1) Peluang: a) Hubungan masyarakat sangat tinggi, b) Respon BKM yang sangat baik, c) memotivasi pemuda untuk memakmurkan masjid, 2) tantangan: a) Minimnya dana, b) Kurangnya dukungan pemerintah, c) Tidak adanya transportasi umum, d) Cuaca yang tidak menentu, e) Waktu pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Salat Fardhu Berjamaah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alfath Ulya Alfath
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:58
Last Modified: 07 Jan 2021 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item
View Item