Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh

Ninda Marita, 150209074 (2020) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media        Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh)
Ninda Marita, 150209074, FTK, PGMI, 082217501847.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan dan aktif. Dalam proses belajar mengajar seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang dapat membuat siswa aktif dan termotivasi. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan termotivasi dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Salah satu model dan media dalam pembelajaran adalah model discovery learning dengan berbantuan media animasi. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V MIN 4 Kota Banda Aceh yang terdiri dari 41 siswa dengan tema 3 Makanan Sehat. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, soal tes hasil belajar, lembar angket motivasi belajar dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) aktivitas guru pada siklus I sebesar 2,88% berada pada kategori baik, siklus II sebesar 3,36% kategori baik dan pada siklus III meningkat sebesar 3,83% dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,76% dengan kategori baik, siklus II sebesar 3,25% dengan kategori baik dan pada siklus III meningkat sebesar 3,70% (3) hasil motivasi belajar siswa pra tindakan pada pernyataan positif sebesar 2,24% dengan kategori positif, pernyataan negatif sebesar 2,03% dengan kategori negatif. Pada siklus I pernyataan positif sebesar 3,39% dengan kategori positif, pernyataan negatif sebesar 3,32% kategori negatif, siklus II pernyataan positif sebesar 3,87% dengan kategori sangat positif, pernyataan negatif sebesar 3,36% dengan kategori sangat negatif, siklus III pada pernyataan positif sebesar 3,91% kategori sangat positif dan pada pernyataan negatif sebesar 3,90% kategori sangat negatif (4) hasil belajar pada siklus I sebesar 58,53% dengan kategori tidak baik, siklus II sebesar 65,80% dengan kategori kurang baik, dan pada siklus III sebesar 92,24% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Misbahul Jannah, M.Pd., Ph.D Pembimbing II : Nida Jarmita, SPd. I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Animasi, Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ninda Marita
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:50
Last Modified: 07 Jan 2021 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

View Item
View Item